Cara Menyimpan Benih Cabai


Pertanianku – Memang benih cabai keriting umumnya mempunyai berat per benih lebih ringan dibandingkan dengan cabai besar umumnya. Dalam setiap kemasan cabai keriting hibrida varietas TM-999, berisi hingga lebih dari 2.000 benih, sedangkan cabai TW umumnya hanya 1.300-an benih.

cabe

Kemasan benih yang telah Anda buka dan seandainya masih ada sisa benihnya sebaiknya ditutup kembali secara rapi, lalu distapler. Selanjutnya, kemasan-kemasan benih ini ditempatkan dalam kotak khusus, semacam kotak obat PPPK, yang dapat dibuat dari kayu atau kaca. Kotak ini ditempelkan di dinding. Usahakan agar tempat meletakkan benih tersebut harus kering dan tidak lembap, tetapi jangan sampai terkena sinar matahari langsung.

Tempat kotak benih ini dijauhkan dari bahan makanan, air, dan jangkauan anak-anak. Periksa kotak benih setiap saat dan bersihkan seandainya ada debu yang menempel. Berikan vaselin secukupnya pada bagian luar kotak agar terhindar dari semut. Seandainya memungkinkan, kotak benih atau kemasan benih ini dapat disimpan di lemari pendingin. Namun, penyimpanan ini mengandung risiko karena benih telah diselimuti pestisida pelindung benih. Untuk itu, tidak disarankan penyimpanan benih dicampur dengan makanan.

Baca Juga:  Tips agar Tabulampot Rajin Berbuah dan Lebat
loading...
loading...