Cara Menyimpan Bumbu Masak agar Tetap Segar

Pertanianku — Bahan bumbu masak yang digunakan dalam satu hari biasanya tidak terlalu banyak. Sementara, Anda tidak bisa membeli bumbu masak dalam jumlah sesuai dengan kebutuhan hari itu. Hal tersebut membuat bumbu harus disimpan dalam kurun waktu yang tidak pasti.

bumbu masak
foto: pertanianku

Tentunya, saat memasak Anda menginginkan bahan yang tetap segar meskipun telah disimpan. Oleh karena itu, penting untuk menyimpan bahan bumbu masak dengan baik dan benar agar tetap segar. Berikut ini ulasannya.

Bawang bombai

Loading...

Bawang bombai sebaiknya disimpan dalam bentuk utuh. Bawang yang sudah terpotong lebih mudah busuk, seperti busuk lunak. Jika sudah terbelah, sebaiknya potongan bawang bombai disimpan dalam kantong plastik kedap udara dan dimasukkan ke lemari es. Sementara, dalam keadaan utuh, bawang bombai bisa disimpan dalam suhu ruangan ataupun di lemari es.

Bawang merah

Penyimpanan bawang merah sangat mudah dilakukan. Bawang merah hanya perlu disimpan dalam tempat yang kering, sejuk, dan bersirkulasi udara bagus. Bawang bisa digantung di tempat yang kering.

Bawang daun

Bawang daun sebaiknya disimpan dengan dibungkus oleh kantong kertas atau plastik berlubang dan dimasukkan ke lemari es. Sebelum disimpan, bagian pangkal dan ujung bawang daun dipotong sedikit, serta lapisan yang menyelubungi tangkai dapat dibuang. Bawang daun tidak perlu dicuci sebelum disimpan.

Bawang putih

Penyimpanan bawang putih sama dengan bawang merah. Namun, jika jumlah bawang putih terlalu banyak sehingga akan disimpan dalam kurun waktu yang lama, sebaiknya bawang putih disimpan dengan cara dipisahkan berdasarkan siungnya, lalu dikupas satu persatu. Selanjutnya, bawang putih dimasukkan ke lemari es. Selain itu, Anda juga bisa menyimpan bawang putih dalam bentuk acar.

Baca Juga:  Jenis-jenis Sayuran Cucurbitaceae

Cabai

Cabai bisa langsung disimpan dalam lemari pendingin atau di luar dengan cara dibungkus kantong plastik berlubang. Jika terdapat banyak jenis cabai, sebaiknya cabai disimpan berdasarkan jenisnya. Cabai yang disimpan dengan baik dapat bertahan selama 12 hari.

Paprika

Paprika dapat disimpan dalam kantong plastik kedap udara dan disimpan dalam lemari es bersuhu 7—10°C. Suhu yang terlalu dingin dapat merusak paprika. Sementara, suhu yang tinggi dapat membuat paprika cepat matang.

Seledri

Sebelum disimpan, seledri tidak perlu dicuci. Agar seledri tidak mudah layu, bisa disimpan di dalam lemari es dengan dibungkus plastik berlubang. Sebaiknya, tidak menyimpan seledri dalam lemari es lebih dari 7 hari. Sementara, seledri yang disimpan dalam suhu ruangan hanya bertahan 2 hari.

Loading...
Loading...