Cara Menyimpan Ransum Pakan Ayam

Pertanianku — Ransum yang dibeli tidak akan langsung dihabiskan dalam sekali waktu. Sebagian pakan ransum ayam tersebut harus disimpan untuk beberapa waktu, maksimal untuk dua minggu. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara menyimpan ransum pakan ayam yang benar agar kualitas ransum tidak berubah dan masih bisa dikonsumsi meskipun sudah disimpan.

pakan ransum ayam
foto: pertanianku

Makanan yang bisa dikonsumsi adalah tidak mengalami perubahan bentuk fisik, tidak mengeluarkan aroma bau, dan nutrisinya tidak berkurang. Jika pakan sudah berjamur seperti muncul kapas halus dan warna putih kehijauan serta mengeluarkan bau tengik, sudah jelas pakan tidak layak untuk digunakan. Selain itu, kandungan nutrisinya sudah sangat berkurang.

Berikut ini cara menyimpan ransum pakan ayam yang benar agar kualitas pakan dapat terjaga.

Loading...

Temperatur dan kelembapan udara ruang penyimpanan

Suasana lembap lebih mudah membuat bahan pakan dan ransum menjadi rusak. Udara lembap dapat mendorong pertumbuhan jamur sehingga bahan-bahan makanan yang berasal dari bahan segar seperti dedaunan akan mudah rusak. Sementara itu, suhu yang tinggi akibat sirkulasi udara yang kurang baik akan merusak kandungan vitamin di dalam pakan. Bahkan, ventilasi yang tidak optimal dapat menyebabkan kerusakan total pada makanan.

Kemasan dan tempat simpan

Kemasan atau tempat simpan yang kotor, berbau, dan diletakkan sembarangan akan menyebabkan bahan makanan yang ada di dalamnya menjadi sarana perpindahan penyakit ke ayam yang ada di kandang.

Kondisi bahan makanan

Bungkil kacang tanah dan bungkil kelapa mudah mengeluarkan bau tengik dan jamuran, sedangkan tepung ikan ada yang mengandung racun gizzerosin dan lain-lain. Anda harus mengetahui karakteristik bahan makanan yang digunakan untuk mengetahui cara penyimpanan, wadah penyimpanan, serta kondisi penyimpanan yang dapat menunjang ransum pakan ayam.

Baca Juga:  Kunci Sukses Usaha Ayam Petelur

Wadah penyimpanan

Jika jumlah pakan kecil, ransum pakan dapat disimpan dalam ember plastik yang tertutup rapat. Ember tersebut diletakkan pada ruangan yang baik dan bersih. Cara seperti ini sering digunakan oleh peternak ayam kampung yang membeli pakan ayam untuk dua minggu ke depan. Sementara itu, jumlah pakan yang agak besar bisa menggunakan wadah karung plastik yang disimpan di dalam gudang makanan dengan ventilasi yang cukup dan tidak lembap.

 

Loading...
Loading...