Cara Meracik Jamu untuk Ternak Sapi agar Tetap Sehat

Pertanianku — Memelihara ternak sapi artinya kita juga harus memerhatikan kesehatan ternak itu. Nah, jamu ternak merupakan solusi alternatif yang terbukti efektif untuk mengatasi berbagai permasalahan ternak peliharaan. Cara meracik jamu untuk ternak sapi pun cukup mudah. Biasanya, jamu ternak terdiri atas beberapa herbal yang ada di sekitar kita yang diformulasikan secara tepat untuk meningkatkan performa ternak sehingga dapat berproduksi maksimal.

Cara meracik jamu untuk ternak sapi
Foto: Pixabay

Pemberian jamu ternak diyakini dapat memberikan beberapa keuntungan seperti murah dan mudah dalam pembuatannya, tidak meninggalkan residu dalam produk ternak yang dihasilkan, meningkatkan nafsu makan ternak, meningkatkan produksi ternak, serta menghasilkan kotoran yang lebih kering dan tidak berbau.

Nah, bagi Anda yang tertarik meracik sendiri jamu ternak, berikut ini bahan dan cara pembuatannya, melansir intannursiam.wordpress.com.

Loading...

Bahan-bahan (untuk 30 liter)

  • Kencur 750 gram
  • Bawang putih 750 gram
  • Jahe 375 gram
  • Lengkuas 375 gram
  • Kunyit 375 gram
  • Temulawak 375 gram
  • Daun sirih 187,5 gram
  • Kayu manis 187,5 gram
  • Molases/Tetes/Gula 0,5 persen
  • EM 4 10 ml/liter jamu

Cara membuat

Cuci bersih semua herbal yang akan digunakan, lalu haluskan dengan menggunakan blender atau ditumbuk. Saring herbal yang sudah digiling dengan menggunakan kain, ulangi proses penyaringan sampai setidaknya 3 kali. Air hasil saringan ditampung pada drum, lalu tambahkan air sampai 30 liter.

Tambahkan molases atau gula sebanyak 0,5 persen dari 30 liter atau sebanyak 150—200 gram. Tambahkan EM 4 sebanyak 10 ml/liter jamu atau sebanyak 300 ml EM 4. Aduk rata campuran jamu, gula dan EM 4, tutup rapat dan diamkan selama 5—7 hari untuk mengoptimalkan proses fermentasi.

Lakukan pengadukan pada hari ke-2 dan 4 proses fermentasi untuk memastikan fermentasi berjalan optimal. Setelah 5 atau 7 hari, jamu ternak siap digunakan sebagai campuran air minum.

Baca Juga:  Penyimpanan Telur Itik Hasil Ternak yang Benar

Untuk pencegahan, jamu ternak dapat dicampurkan dengan air minum dengan perbandingan 1:5. Satu liter jamu dapat dicampurkan dengan 5 liter air minum. Untuk pengobatan, jamu ternak dapat dicampurakan dengan air minum dengan perbandingan 1:3 atau 1:2. Satu liter jamu dicampurkan dengan 2—3 liter air minum. Pemberian jamu ternak bisa diberikan 2—3 kali dalam 1 minggu. Untuk pemberian setiap hari, jamu bisa diencerkan lagi dengan perbandingan 1:7 atau 1:10.

Loading...
Loading...