Cara Merangsang Nafsu Makan Ikan Gurami

Pertanianku — Sama seperti manusia, nafsu makan ikan gurami dapat timbul karena adanya rangsangan melalui penglihatan, bau, dan rabaan ikan. Begitu ada nafsu makan, alat pencernaan akan bekerja dan bersiap-siap untuk menerima makanan untuk selanjutnya dimasukkan ke sistem pencernaan.

nafsu makan ikan gurami
foto: pertaniaku

Proses pencernaan pada ikan pun harus diawali dengan adanya perangsang. Oleh karena itu, penting membuat rangsangan khusus pada pakan untuk menarik perhatian. Pakan harus memenuhi syarat kandungan nutrisi yang lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.

Anda juga harus memerhatikan bentuk serta ukuran makanan, agar menarik dan mudah dimakan oleh ikan. Selain itu, jaga kestabilan dalam air dan gunakan teknik pengemasan makanan sebelum digunakan.

Loading...

Rasio konversi pakan yang digunakan harus tepat, agar tidak menutup rangsangan yang diberikan dalam pakan. Jumlah pakan yang dikonsumsi oleh ikan secara umum berkisar 5—7 persen dari berat tubuh ikan per hari. Namun, jumlah tersebut dapat berubah karena pengaruh kondisi lingkungan dan kesehatan ikan yang sedang dialami.

Ada ikan yang hanya mengonsumsi pakan sebanyak 5 persen dari berat badannya per hari pada musim panas. Sementara, pada musim dingin hanya mengonsumsi pakan sebanyak 1 persen dari bobot tubuhnya.

Selain nafsu makan, Anda juga harus memerhatikan suhu yang dapat memengaruhi proses metabolisme ikan. Suhu tinggi dapat mengakibatkan proses metabolisme berjalan leih cepat karena pengeluaran energi dari dalam tubuh ikan berjalan lebih cepat.

Ukuran tubuh ikan juga memengaruhi proses metabolisme ikan. Ikan bertubuh lebih kecil memiliki metabolisme yang lebih besar dibanding ikan berukuran lebih besar. Dengan begitu, kebutuhan pakan ikan kecil lebih besar dibandingkan ikan yang bertubuh besar.

Rangsangan nafsu makan ikan gurami juga dipengaruhi oleh kondisi ikan. Ikan sehat tentunya akan memiliki nafsu makan yang lebih tinggi dibanding ikan yang sakit. Kesehatan tubuh ikan dipengaruhi langsung oleh lingkungan tempat ikan dibudidayakan. Kondisi lingkungan yang sehat akan membuat ikan menjadi lebih sehat.

Baca Juga:  Jenis-jenis Sumber Air untuk Budidaya Ikan

Ikan gurami yang mengalami stres karena perubahan lingkungan pun, akan mengalami gangguan nafsu makan yang berimbas pada gangguan kesehatan.

Cara merangsang nafsu makan ikan gurami terakhir adalah dengan memerhatikan mutu pakan yang digunakan. Pakan yang bermutu jelek dan rusak akan menimbulkan bau yang kurang sedap bisa menurunkan nafsu makan ikan.

Loading...
Loading...