Cara Merangsang Tanaman Buah Berproduksi dengan Penyiraman Air

Pertanianku — Ada banyak cara untuk merangsang tanaman buah mulai berproduksi menghasilkan bunga dan buah. Anda bisa melakukannya dengan pemangkasan atau dengan pengaturan penyiraman air yang tepat.

merangsang tanaman buah
foto: pexel

Air merupakan hal penting yang mutlak harus ada dalam proses pemeliharaan pohon buah agar tanaman bisa berbuah secara terus-menerus. Air diperlukan untuk memicu pertumbuhan tanaman, membentuk bunga dan buah, serta perkembangan tanaman selanjutnya agar bisa berbuah pada musim selanjutnya.

Pengairan juga bisa digunakan untuk merangsang produktivitas tanaman buah. Perlakuan yang tepat saat mengairi tanaman buah bisa berfungsi untuk mengendalikan produktivitas tanaman buah.

Ada beberapa jenis tanaman buah yang bisa dirangsang dengan cara tidak diberikan air selama beberapa saat hingga tanaman membentuk bunga. Setelah bunga tanaman sudah terbentuk, pengairan diberikan kembali secara normal.

Namun, ada juga tanaman yang dirangsang dengan cara penggenangan. Sistem tersebut dikenal dengan sebutan ‘leb’. Caranya, air dialirkan lewat parit secara perlahan-lahan, lalu bendung saluran parit tersebut. Kemudian dibiarkan menutup seluruh permukaan tanah selama beberapa saat hingga meresap dan bisa diserap oleh akar. Setelah itu, buka bendungan di parit dan alirkan air keluar.

Tanaman yang membutuhkan penggenangan secara berkala adalah belimbing, jeruk, apel, pepaya, salak, dan pisang. Tanaman buah tersebut berakar dangkal. Oleh karena itu, pada musim kemarau akar tanaman tidak menyerap air di lapisan tanah yang dalam. Untuk mencegah kekeringan, penggenangan biasanya dilakukan petani pada musim kemarau.

Setelah dilakukan penggenangan, tanaman buah biasanya akan berbunga di musim kemarau. Setelah berbunga, pohon akan menghasilkan buah yang bisa dinikmati pada musim kemarau. Sistem penggenangan ini sangat dibutuhkan oleh tanaman jeruk.

Untuk tanaman yang didalam pot, proses pengairan justru lebih mudah dilakukan. Anda tidak perlu menggenangi tanah atau menghilangkan genangan.

Baca Juga:  Jenis-jenis Setek dan Tanaman yang Dapat Diperbanyak Melalui Setek

Anda hanya perlu melakukan pengairan secara teratur, menjaga media tanam jangan sampai terlihat mengering dan padat. Lakukan penyiraman air setiap hari pada pagi atau sore hari. Jika media tanam kering, pembentukan bunga dan buah akan terlambat.

 

 

 


loading...