Cara Merawat Anak Domba yang Baru Lahir

Pertanianku — Perawatan anak domba yang baru lahir hingga berumur tiga bulan terbagi menjadi tiga bagian, yakni saat domba berumur 0–3 minggu, umur 3–4 minggu, dan anak domba tanpa induk.

anak domba
foto: Pertanianku

Anak domba berumur 03 minggu

Domba yang baru lahir hingga berumur tiga minggu sangat bergantung pada air susu induk atau air susu pengganti. Oleh karena itu, induk harus diberikan pakan berkualitas agar mampu menghasilkan susu yang cukup.

Apabila induk domba tidak bisa menyusui karena sedang menderita penyakit menular, Anda harus mencari air susu pengganti yang diberikan dengan botol atau induk angkat.

Perawatan pada fase ini harus dilakukan secara hati-hati karena domba sedang berada di fase kritis, terutama pada umur 2–3 minggu. Di fase ini domba peka terhadap udara dingin dan penyakit.

Anak domba berumur 34 minggu

Setelah memasuki umur 3–4 minggu, domba sudah bisa belajar makan seperti hijauan atau makanan penguat. Pada fase ini, Anda perlu menyediakan pakan khusus seperti konsentrat yang disajikan di tempat makan khusus agar induk tidak ikut makan. Domba perlu digembalakan bersama induknya di lokasi yang tidak begitu jauh.

Jika memungkinkan, pilihlah padang penggembalaan yang pertumbuhan rumputnya subur, bersih, tidak terkontaminasi telur cacing, dan kondisi tanahnya tidak becek.

Anak domba tanpa induk

Anak domba yang tidak memiliki induk harus dirawat dengan benar. Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh induk mati setelah melahirkan, induk menolak untuk menyusui anaknya, induk menderita infeksi penyakit mastitis, atau air susu induk tidak keluar sama sekali.

Anda perlu menyediakan induk angkat atau induk tiruan berupa kotak berisi botol air susu dengan dot. Selain itu, Anda dapat menyusukan anak domba dengan botol yang berisi susu sapi.

Baca Juga:  Fermentasi Jerami, Pakan Ternak untuk Segala Musim

Bila Anda memilih menggunakan induk angkat, pastikan anak tidak merasa asing dengan induk angkat. Caranya, pertama-tama anak domba diolesi oleh air susu dari calon induk angkat. Atau, hidung induk angkat dan anak domba disemprot dengan aroma yang sama. Dengan cara ini, induk akan lebih mudah menerima anak angkat.