Cara Merawat Anak Hamster yang Baru Lahir agar Tidak Mati

Pertanianku — Ketika sudah berhasil mengawinkan sepasang hamster, Anda harus mengetahui dengan baik cara merawat anak hamster yang akan dilahirkan nanti. Pasalnya, anak hamster akan mudah mati ketika teknik perawatan yang dilakukan tidak sesuai.

merawat anak hamster
foto: pertanianku

Pada masa merawat anak hamster, Anda juga harus memenuhi kebutuhan pakan dan nutrisi dari induk betinanya. Jika induk betina mengalami keadaan kekurangan pakan, anak hamster tersebut bisa dimangsa oleh induknya sendiri. Oleh karena itu, jangan hanya berikan sayuran dan biji bunga matahari. Berikan juga pakan pelet dan campuran kacang-kacangan yang diformulasikan untuk hamster.

Nutrisi hamster yang sedang bunting dan menyusui harus cukup terpenuhi. Kandungan protein yang dibutuhkan oleh hamster betina pada masa itu minimal sebesar 16 persen dan cenderung akan meningkat.

Loading...

Terkadang, saat nutrisi induk betina sudah terpenuhi, anak hamster masih saja dimakan oleh induknya. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh adanya gangguan pada anak yang dilahirkan, yakni sakit atau sudah mati. Induk memakan anak yang sudah mati atau sakit bertujuan melindungi anak-anak yang lain agar terhindar dari penyakit dari anak yang sakit. Kejadian ini sebenarnya normal terjadi pada dunia hamster.

Induk juga bisa memakan anaknya sendiri pada saat merasa adanya ancaman dan stres. Oleh karena itu, sebisa mungkin induk yang baru melahirkan tidak dibuat stres dan nyaman.

Merawat anak hamster sendiri terbilang mudah karena hamster merupakan hewan yang jinak. Kalaupun ia menggigit, itu hanya tanda bahwa anak hamster sedang mengajak main. Anak hamster yang sudah berumur empat minggu bisa dipisahkan dari induknya.

Kandang anak hamster juga harus dibersihkan secara rutin dan jangan lupa bersihkan juga serbuk kayu dan pasir seminggu sekali. Berikan pakan yang cukup berupa 1/3 bagian pelet dan sisanya campuran biji-bijian. Pakan harus selalu tersedia setiap saat. Minum pun harus selalu tersedia agar anak hamster tidak merasa kehausan.

Baca Juga:  Beternak Cacing Sutera, Bisnis Sampingan Untung Jutaan

Anda juga bisa menggunakan pakan taoge yang mengandung banyak air sebagai pengganti asupan air agar kandang tidak terlalu basah. Jangan berikan terlalu banyak sayur dan buah agar anak hamster tidak diare dan jangan berikan terlalu banyak biji bunga matahari karena bisa menyebabkan kegemukan pada anak hamster.

Loading...
Loading...