Cara Merawat Bonsai dengan Benar

Pertanianku — Bonsai merupakan karya seni yang dilakukan pada pohon hidup sehingga membutuhkan perawatan seperti pohon hias lainnya. Perawatan menjadi salah satu faktor penting yang dapat menjaga nilai bonsai menjadi agar dapat bertahan lebih lama. Berikut ini cara merawat bonsai yang benar.

cara merawat bonsai
foto: pixabay

Penyiraman

Kebutuhan yang harus dipenuhi untuk merawat bonsai adalah cahaya matahari, air yang cukup, dan sirkulasi udara yang baik. Karena ditanam di dalam pot, tanaman harus mendapatkan pengairan yang rutin agar tanaman tidak mati. Untuk mendapatkan tanaman bonsai berukuran kecil, penyiraman dilakukan sebanyak dua kali sehari. Untuk mendapatkan tanaman bonsai yang besar, penyiraman dilakukan sehari sekali pada sore hari.

Loading...

Penyiraman dilakukan pada sore hari bukan tanpa maksud. Hal ini karena saat sore hari tanaman sudah berada dalam kondisi yang haus dan pada saat itu tanaman sudah mengalami kekeringan. Tanaman yang sudah haus akan langsung menyerap air secara maksimal untuk disimpan di dalam tanaman yang sudah siap untuk beristirahat dan didistribusikan ke seluruh bagian tanaman. Dengan begitu, pada pagi hari tanaman akan kembali segar.

Penyiraman juga harus dilakukan pada media tanam agar akar dapat mendistribusikan air ke seluruh bagian tanaman.

Pemupukan

Bonsai juga membutuhkan makanan yang berasal dari pupuk seperti tanaman pada umumnya. Pupuk yang digunakan adalah NPK dengan kadar yang sesuai dengan kebutuhan bonsai yang dipelihara. Pupuk yang digunakan sebaiknya pupuk organik karena penggunaan pupuk kimia akan membuat media tanam menjadi asam dan mengeras.

Pemangkasan

Bonsai merupakan tanaman yang akan terus tumbuh sehingga membutuhkan pemangkasan untuk mempertahankan bentuk tanaman. Frekuensi pemangkasan bergantung pada jenis tanaman yang digunakan.

Pencegahan hama dan penyakit

Baca Juga:  Obati Asma dengan Tanaman Hias Irah-irahan (Cissus javana)

Pohon bonsai juga bisa terkena hama dan penyakit seperti serangga ulat, kumbang, penggerek batang, belalang, kutu daun, dan jamur. Untuk membasmi hama tersebut, gunakan cairan insektisida yang dilarutkan ke dalam air. Gunakan dosis yang tepat agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi penampilan bonsai.

Repotting

Cara merawat bonsai lainnya  yang harus dilakukan adalah pergantian media tanam harus dilakukan karena tanaman akan terus tumbuh dan umurnya akan menua.

Loading...
Loading...