Cara Merawat Bulu Kucing


Pertanianku – Secara normal, kucing berganti bulu dua kali setahun. Namun, pergantian bulu sering diperpanjang karena buruknya makanan atau adanya serangan penyakit. Agar tetap indah, bulu kucing perlu di-grooming setiap minggu. Berikut ini cara merawat bulu kucing.

MENGENALI CIRI KUCING SEHAT

  1. Tepuk dan belai bagian punggung kucingdengan lembut sebelum mulai disisir dandisikat.
  2. Mulailah menyisir bulu di bagian perut dan kaki hingga bulu-bulu tidak kusut. Selanjutnya, sisir bagian kepala dari atas hingga bawah, bagian punggung hingga pangkal ekor dan ujung ekor, kemudian berbalik arah sehingga bulu-bulu yang mati akan terangkat.
  3. Untuk menghilangkan lemak dan kotoran serta mengatasi kusut, bulu diberi bedak bubuk secukupnya. Untuk memisahkan gumpalan-gumpalan bulu, taburkan sedikit bedak bubuk, kemudian pisahkan gumpalan bulu tersebut dengan tangan hingga terpisah menjadi helaian-helaian.
  4. Sisir bulu di sekitar leher dengan arah bolak-balik hingga bulu mengembang.
  5. Sikat bulu dari kepala hingga ekor secara bertahap untuk membersihkan dan mengangkat rambut mati. Sikat kembali bulu ekor secara perlahan ke arah luar pada bagian yang sama. Sisir secara perlahan bulu-bulu di antara jari.

 

Sumber: Buku 242 Tips Merawat Binatang Kesayangan

 

 

loading...
loading...
SHARE
Previous articleCermai
Next articleMengenal Tanaman Ciplukan