Cara Merawat Bunga Krisan di Daerah Panas

Pertanianku — Bunga krisan adalah jenis tanaman hias yang cocok ditanam di daerah bersuhu sejuk dan dingin. Namun, bukan berarti bunga krisan tidak dapat tumbuh subur di daerah panas. Anda hanya perlu mengetahui cara merawat bunga krisan di daerah panas.

cara merawat bunga krisan
Foto: Shutterstock

Bunga krisan dapat dimanfaatkan untuk merawat kesehatan jantung, melindungi dari infeksi bakteri, memelihara kesehatan mata dan telinga, meningkatkan fungsi otak, menyeimbangkan kadar kolestrol, dan detoksifikasi racun dalam hati. Nah, ada beberapa cara merawat bunga krisan di daerah panas yang perlu Anda perhatikan seperti berikut.

Menyiapkan naungan atau tempat yang teduh

Loading...

Tanaman krisan menyukai sinar matahari penuh, tetapi pada dataran rendah yang sangat panas, tanaman ini akan layu. Anda perlu menyesuaikan kondisi lingkungan dengan tanaman. Jika terlalu panas, tanaman krisan dalam pot dapat Anda pindahkan ke daerah yang lebih teduh atau dalam nanungan.

Simpan bunga krisan di bawah sinar lampu setiap malam

Bunga krisan termasuk dalam bunga subtropis sehingga lebih ideal ditanam di dataran tinggi atau yang memiliki suhu 21—25° C. Tanaman ini masih dapat ditanam di daerah panas bersuhu tinggi, meskipun akan terdapat beberapa kekurangan. Kekurangan tersebut adalah warna bunga lebih pudar, tanaman lebih pendek, dan umur tanaman yang pendek.

Menyimpan bunga krisan di bawah sinar lampu setiap malam dapat membuat postur tanaman krisan menjadi lebih tinggi. Jarak antara lampu dan tanaman krisan maksimal 2 meter. Pengukuran cahaya yang diterima tanaman krisan dapat menggunakan luxmeter. Nilai ideal yang akan ditunjukkan oleh alat tersebut adalah 70 lux. Saat postur tanaman sudah sesuai yang diinginkan, barulah tanaman krisan disimpan di tempat yang tidak terkena cahaya pada malam hari supaya krisan cepat berbunga atau masuk ke dalam fase generatif.

Baca Juga:  Khasiat Herbal Kembang Telang yang Jarang Diketahui

Penyiraman secara teratur

Penyiraman tanaman sebaiknya dilakukan setiap pagi hari. Anda hanya perlu menyiram pada bagian akar dan batangnya, hindari menyiram bagian daunnya. Penyiraman dapat dilakukan secara manual atau dengan menggunakan sprayer/gembor.

Penerapan teknik pinching dan disbudding

Teknik pinching adalah teknik pemotongan atau pembuangan pucuk yang umumnya tumbuh pada tanaman saat awal penanaman. Teknik disbudding adalah teknik pemotongan dengan cara menyingkirkan bagian bunga yang tidak diinginkan untuk memperoleh bentuk yang sempurna dan sesuai keinginan.

Loading...
Loading...