Cara Merawat Burung Tledekan agar Tampil Prima

Pertanianku — Burung tledekan terkenal sebagai burung ocehan dengan kicauan yang merdu. Burung kicau ini punya ciri khas yang unik, yakni berpose gaya joget. Beberapa hobiis menilai, tledekan memiliki seni tersendiri sehingga burung ini berbeda dari jenis kicauan lainnya. Fisik tledekan tergolong tidak besar, tetapi burung kicau ini tipe petarung. Berikut ini cara merawat burung tledekan yang perlu dilakukan setiap hari.

merawat burung tledekan
foto: Pixabay

Dimandikan

Burung tledekan perlu dimandikan di pagi hari dengan cara disemprot spray terlebih dahulu. Setelah itu, burung akan mandi sendiri. Anda juga bisa memandikannya langsung di keramba atau bak mandi burung.

Jemur burung

Jemur burung sekitar 2 jam setelah itu angin-anginkan di tempat teduh dengan catatan intensitas panasnya tidak terlalu panas.

Pakan dan minum

Makanan utama burung ini adalah kroto. Pakan dan minum burung tledekan perlu diganti setiap hari dan dibersihkan dari dalam kandang tanpa mengganggu kenyamanan burung. Pada jam 12 burung diberikan kroto sebanyak 1 sendok teh, lalu berikan jangkrik 2–3 ekor. Selanjutnya, pada sore jam 3, mandikan dan angin-anginkan, kemudian berilah ulat hongkong 3 ekor, lalu masukkan ke ruangan tertutup dan selubungi kerodong.

Pemasteran

Untuk pemasteran lakukan dengan MP3 atau langsung menyandingkannya dengan burung gacor lainnya dalam kerodong. Hal ini untuk mencegah burung tidak kalah mentalnya. Master yang baik untuk burung tledekan adalah burung cucak jenggot, cililin, love bird, kacer, dan kenari.

Jaga lingkungan di sekitar

Jadikan lingkungan sekitar rumah Anda aman dari predator dan hal-hal yang bisa mengganggu kenyamanan dan keamanan burung ini.

Baca Juga:  Cara Mencegah Burung Kenari Stres