Cara Merawat Durian Musang King agar Rajin Berbuah

Pertanianku — Merawat durian musang king bukan perkara yang sulit, caranya hampir sama seperti durian lokal. Perawatan utama yang harus dilakukan adalah penyiraman, perawatan dari serangan hama dan penyakit, serta pemupukan. Tanaman durian tidak begitu memerlukan pemangkasan, apalagi saat pohon masih berumur dua tahun ke bawah. Berikut ini cara merawat pohon durian musang king.

durian musang king
foto: Pertanianku

Pemupukan

Tanaman durian musang king harus rutin diberikan pupuk organik dan pupuk anorganik. Pupuk organik yang digunakan berupa kompos, sedangkan pupuk anorganiknya adalah pupuk NPK seimbang 16-16-16. Pemberian kedua jenis pupuk tersebut bisa dilakukan secara bersamaan setiap tiga bulan sekali.

Dosis yang digunakan harus disesuaikan dengan umur tanaman durian. Dosis NPK untuk tanaman yang baru ditanam sekitar 50—100 gram, sedangkan pupuk kandang sebanyak 10 kg. Dosis tersebut akan terus naik seiring bertambahnya umur tanaman. Untuk pupuk kandang, setiap tahun dosisnya naik sebanyak 5—10 kg.

Penyiraman

Penyiraman durian musang king standar seperti tanaman buah umumnya, yaitu sekali sehari pada pagi hari. Usahakan penyiraman dilakukan di pagi hari agar pohon mendapatkan persediaan air untuk satu hari penuh. Namun, jika Anda tidak bisa menyiram pada pagi hari, penyiraman boleh dilakukan di sore hari.

Perawatan dari hama dan penyakit

Anda bisa memberikan fungisida dan insektisida setiap sebulan sekali untuk mencegah serangan hama dan penyakit. Insektisida yang bisa digunakan adalah Curacorn, sedangkan fungisidanya adalah Dithane. Dosis yang digunakan harus sesuai dengan anjuran yang tertera di bagian kemasan.

Hama yang paling sering menyerang durian adalah penggerek batang, kutu putih, dan cendawan. Belalang sebenarnya juga merupakan hama bagi tanaman durian, hanya saja serangan belalang tidak begitu parah dibandingkan jenis hama-hama lainnya.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Bunga Teratai Putih

Pemangkasan

Pada dasarnya, tanaman durian jarang dipangkas apabila tidak genting. Tanaman durian baru bisa diseleksi percabangan setelah tahun kedua. Cabang yang harus dipangkas merupakan cabang yang tumbuh vertikal ke atas. Pasalnya, buah durian lebih bagus tumbuh di cabang yang horizontal.

Untuk mendapatkan bibit durian musang king berkualitas dan keperluan berkebun durian, Anda bisa langsung mengunjungi Toko Trubus terdekat di kota Anda. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan berbagai keperluan bercocok tanam, mulai dari bibit dan benih tanaman, pupuk dan pestisida, hingga perlengkapan berkebun lainnya. Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus.