Cara Merawat Ikan Lele di Musim Panas agar Lele Tidak Mudah Stres

Pertanianku — Salah satu penyebab ikan lele mati adalah stres. Stres tersebut bisa disebabkan oleh faktor cuaca yang sedang berlangsung. Cuaca tersebut memengaruhi kondisi di dalam kolam. Musim hujan ataupun musim panas yang terlalu ekstrem bisa menyebabkan ikan stres. Oleh karena itu, Anda perlu merawat ikan lele sambil memerhatikan kondisi cuaca yang sedang berlangsung.

merawat ikan lele
foto: pertanianku

Benih ikan lele lebih rentan mengalami stres akibat perubahan cuaca yang ekstrem. Ikan yang sudah stres akan terlihat menumpuk di pojok kolam dengan posisi kepala menggantung ke atas.

Pada dasarnya faktor cuaca yang paling bisa menyebabkan ikan lele stres adalah pergantian suhu yang terjadi secara mendadak. Ikan yang sudah stres harus segera ditangani agar tidak mati. Kalau sudah mati, malah akan menyebabkan kerugian yang harus ditanggung pembudidaya.

Loading...

Saat musim panas berlangsung dengan cuaca yang ekstrem, Anda disarankan untuk menghindari kontak langsung antara kolam terpal dan panas bumi dengan cara memberikan sekam atau serbuk gergaji sebagai alas kolam. Cara tersebut sangat berguna untuk menghindari perubahan suhu di dalam kolam saat cuaca di luar sedang sangat terik.

Anda bisa menurunkan suhu di dalam kolam dengan cara menambahkan air yang sudah diendapkan terlebih dahulu selama 2—3 hari ke dalam kolam hingga 50 persen.

Sebaiknya, buat kolam ikan di bawah pohon atau tempat teduh lainnya untuk menghindari kolam terkena intensitas cahaya matahari yang terlalu tinggi. Atau, Anda juga bisa memberikan atap yang terbuat dari terpal atau asbes di atas kolam.

Jika budidaya dilakukan di dalam ruangan tertutup seperti bekas gudang atau ruangan, Anda harus memastikan ventilasi udara ruangan tersebut sudah cukup baik. Hal ini bertujuan agar sirkulasi udara bisa berjalan lancar dan tidak terjadi penumpukan uap panas di dalam rangan.

Baca Juga:  Cara Memberikan Pakan Lele Berdasarkan Jenis Pakannya

Sebaiknya, gunakan kipas pembuangan untuk ruangan yang digunakan sebagai tempat budidaya ikan lele. Kipas tersebut berguna untuk mengeluarkan udara panas keluar ruangan. Anda juga bisa menambahkan batu es ke dalam kolam sehingga suhu air di dalam kolam bisa turun.

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...