Cara Merawat Kesehatan Kambing Perah

Pertanianku — Peternakan kambing perah tentunya ingin mendapatkan susu kambing yang berkualitas dan berjumlah banyak. Oleh karena itu, penting merawat kesehatannya agar tetap prima dan menghasilkan susu kambing yang bisa dijual. Kambing perah yang sakit akan memengaruhi kualitas susu serta kuantitas yang dihasilkan.

kambing perah
foto: pertanianku

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat merawat kesehatan kambing perah.

Pemberian vitamin

Loading...

Kambing juga membutuhkan vitamin, seperti vitamin B kompleks. Vitamin ini bisa diberikan saat kambing baru sampai di kandang, terutama pada kambing yang terlihat tidak fit akibat perjalanan yang jauh. Vitamin akan diberikan lagi saat indukan melahirkan untuk mengembalikan stamina tubuhnya.

Pemberian vitamin dapat dilakukan denggan cara disuntik atau dicampurkan ke dalam pakan atau air minum.

Pemberian obat cacing

Cacing merupakan hama yang kerap menyerang kambing yang ditempatkan dalam kandang yang kurang terjaga kebersihannya. Serangan cacing dapat menyebabkan kekurangan nutrisi karena nutrisi diserap oleh cacing sehingga membuat kambing lemas.

Obat cacing harus diberikan pada kambing setiap 2—3 bulan sekali atau sesuai dengan anjuran yang diberikan. Pemberian obat cacing juga harus dilakukan pada kambing yang baru dibeli dari peternak lain.

Memandikan

Kambing haru dimandikan minimal seminggu sekali untuk menghindari penyakit kulit. Setelah mandi, kambing dibiarkan berjemur untuk mengeringkan dan menghangatkan badan.

Memotong kuku

Kuku kambing juga harus dipotong terutama pada induk jantan yang dipelihara dalam jangka waktu lama. Pemotongan kuku untuk menjaga kebersihan kambing dan menghindari kuku terluka akibat terlalu panjang.

Mencukur bulu

Mencukur bulu pada kambing perah tidak perlu selalu dilakukan. Pencukuran hanya dilakukan pada saat kambing PE (peranakan etawa) betina akan melahirkan, terutama di bagian paha. Tujuannya, untuk meminimalisir darah dan kotoran yang akan menempel pada bulu.

Baca Juga:  Produk Olahan Ikan Asal UMKM Bogor Go Internasional Melalui Marketplace

Anda bisa mendapatkan informasi lainnya mengenai cara merawat kambing perah hingga menghasilkan susu kambing berkualitas dalam buku Kiat Sukses Tingkatkan Produksi Susu Kambing.

Loading...
Loading...