Cara Merawat Kucing Tua

Pertanianku — Kucing lebih cepat tua dibanding manusia. Biasanya, kucing domestik bisa bertahan selama 14 tahun lamanya. Kucing tua ditandai dengan adanya penurunan tingkat keaktifan. Kucing sudah tidak bersemangat seperti saat muda. Sama halnya dengan manusia, kalau sudah menua pergerakan menjadi terbatas.

kucing tua
foto: pixabay

Tanda selanjutnya yang menunjukkan kucing Anda sudah tua adalah lebih senang tidur di tempat-tempat yang hangat serta mengalami penurunan berat badan. Untuk mengatasi permasalahan berat badan yang menurun, pemilik bisa memberikan pakan yang kaya karbohidrat. Jangan lupa sediakan tempat tidur yang nyaman untuk kucing, seperti kain yang lembut atau tempat tidur khusus kucing.

Kucing yang sudah tua juga akan terlihat mudah haus sehingga sering menghampiri tempat minum. Meningkatnya rasa haus tidak berbanding lurus dengan berat badannya yang terus merosot. Hal ini bisa disebabkan oleh gangguan penyakit seperti diabetes, gangguan ginjal, kanker, atau keaktifan kelenjar tiroid.

Loading...

Kucing yang sudah menua memang rentan terkena berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, kucing yang sudah menua harus sering mendapatkan pemeriksaan rutin ke dokter untuk mengetahui penyakit sedini mungkin.

Kucing yang sudah berumur 1 tahun sama dengan manusia yang berumur 18 tahun, kucing yang berumur 2 tahun setara dengan manusia yang berumur 25 tahun, kucing yang berumur 3 tahun setara dengan manusia yang berumur 32 tahun, dan akan terus terjadi seperti ini. Jadi, kucing yang berumur 14 tahun setara dengan manusia yang berumur 80 tahun. Namun, ada juga kucing yang bisa bertahan hingga umur 20 tahun.

Kucing yang sudah tua sebaiknya sering di-grooming karena bulu kucing akan mudah rontok. Kalau tidak, siap-siap untuk rajin membersihkan kandang atau rumah dari bulu-bulu kucing yang bertebaran di mana-mana.

Baca Juga:  Sistem Filter yang Bisa untuk Akuarium Arwana

Kucing membutuhkan pakan berprotein yang mudah dicerna oleh sistem pencernaannya, seperti ikan, ayam, dan telur yang sudah dimasak. Hal ini dikarenakan menurunnya kekuatan sistem pencernaan kucing.

Letakkan kotak pasir agak lebih rendah dibandingkan tempat tidurnya untuk memudahkan ketika kucing ingin menggunakannya.

Anda juga harus menjaga lingkungan kandang agar tidak membuatnya merasa stres. Misalnya, dengan mempermudah akses tempat makan, kotak pasir, dan air minum.

 

 

Loading...
Loading...