Cara Merawat Mangga Chokanan di Dalam Pot

Pertanianku — Mangga chokanan cocok dijadikan tabulampot atau tanaman buah dalam pot karena memiliki tajuk yang lebih rapat dan kompak. Selain itu, saat pohon sedang berbuah akan terlihat semakin indah dengan buahnya yang berwarna kuning menjuntai ke bawah. Merawat mangga chokanan yang ditanam di dalam pot terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu rajin melakukan semua langkah pemeliharaan dengan benar.

merawat mangga chokanan
foto: pertanianku

Penyiraman

Penyiraman tabulampot mangga chokanan dilakukan setiap pagi atau sore hari. Penyiraman menjadi hal yang harus dilakukan selama merawat mangga chokanan di dalam pot, apalagi saat musim kemarau. Penyiraman pada musim hujan dilakukan hanya seperlunya saat media tanam terlihat kering.

Loading...

Penyiangan

Penyiangan tabulampot mangga chokanan dilakukan sebanyak dua minggu sekali. Penyiangan dilakukan dengan cara mencabut rumput-rumput liar atau gulma yang tumbuh di dalam pot. Gulma tersebut dapat menyerap nutrisi di dalam tanah dan membuat pertumbuhan tanaman menjadi tidak maksimal, apalagi untuk tanaman yang ditanam di dalam pot.

Pemupukan

Pemupukan harus dilakukan rutin, pada masa pertumbuhan vegetatif atau saat tanaman masih berumur kurang dari satu tahun, bisa diberikan pupuk NPK dua bulan sekali. Dosis yang digunakan tidak terlalu besar. Untuk pot berukuran 40 cm, bisa menggunakan pupuk NPK sebanyak 1 sendok teh.

Berikan juga pupuk organik rendaman sebanyak 1 bulan sekali dan berikan pupuk kandang setiap 6 bulan sekali bersamaan dengan penggemburan media dan penambahan media tanam.

Saat tanaman sudah memasuki masa generatif, gunakan pupuk NPK dengan kandungan P dan K yang lebih tinggi. Saat tanaman sudah berbunga, berikan tambahan pupuk kalium yang dicampur dengan magnesium dan kalsium.

Pemangkasan

Pemangkasan pohon mangga chokanan di dalam pot berfungsi untuk menjaga bentuk tanaman agar tetap indah dan mudah dipelihara. Pemangkasan juga bisa merangsang munculnya pembungaan.

Baca Juga:  Manfaat Pohon Jabon yang Jarang Diketahui

Pergantian media tanam

Media tanam di dalam pot harus dilakukan saat akar tanaman sudah mucul di permukaan media tanam. Pergantian biasanya dilakukan sebanyak 1—2 tahun sekali. Pergantian ini bertujuan menjaga pertumbuhan daun tetap normal dan membuat pohon mampu berbunga dan menghasilkan buah yang baik.

Untuk memenuhi kebutuhan perawatan mangga chokanan, Anda bisa membelinya di Toko Trubus, baik secara online melalui toko online Toko Trubus dan Tokopedia maupun datang langsung ke lokasi Toko Trubus.

Sebagai solusi kebutuhan pertanian Anda, Toko Trubus menyediakan beragam pupuk agar tanaman buah mangga chokanan Anda cepat berbuah. Selain itu, di Toko Trubus tersedia media tanam, pestisida, peralatan berkebun, serta perlengkapan lainnya yang amat lengkap. Kabar baiknya, pada Juli ini, ada potongan harga 20% untuk setiap pembelian bibit mangga chokanan.

 

 

 

Loading...
Loading...