Cara Merawat Mesin Traktor yang Baik dan Benar

Pertanianku Cara merawat mesin traktor yang baik dan benar perlu Anda ketahui agar kualitas mesin tetap terjaga dan memiliki usia yang lebih panjang. Terlebih lagi bagi Anda yang sering menggunakan traktor dengan beban yang lebih berat seperti memahat dan discing dengan cakram berat yang besar. Ada beberapa bagian traktor yang harus diperiksa setiap hari, yaitu kadar air dan oli mesin.

Cara merawat mesin traktor
Foto: Google Image

Melakukan servis traktor secara rutin akan mempertahankan nilai dari mesin Anda yang terpelihara dengan baik. Petani yang menjaga traktor atau membajak dalam kondisi yang baik, sama pentingnya dengan panen yang baik.

Untuk mendapatkan penggunaan terbaik dari peralatan pertanian Anda, sangat penting untuk mengambil langkah yang tepat untuk memelihara dan membersihkan semua peralatan pertanian secara teratur.

Loading...

Beberapa aspek pemeliharaan hanya diperlukan setiap tahun atau dua tahun sekali, tetapi langkah lain harus dilakukan, yaitu melakukan perawatan pada mesin traktor setiap hari. Hal ini pun termasuk menjaga peralatan Anda di tempat yang aman, seperti di garasi atau gudang dari cuaca berbahaya. Awasi suhu mesin traktor setiap kali digunakan untuk memastikannya tidak terlalu panas.

Anda juga perlu untuk membuat daftar prosedur pembersihan dan pemeliharaan yang diperlukan. Daftar periksa ini harus dilakukan setiap hari dan termasuk prosedur seperti memeriksa ban traktor, menghitung semua alat dan mengembalikannya ke tempat yang ditentukan, memeriksa pendingin dan minyak, serta memastikan tidak ada sabuk yang lepas.

Setiap kali mesin pertanian Anda membutuhkan servis profesional, baik untuk perbaikan maupun hanya pemeriksaan standar, pastikan Anda menyimpan catatan rinci tentang prosedur apa yang dilakukan dan siapa yang melakukannya. Dengan cara itu, Anda dapat mereferensikan dokumen-dokumen ini di masa depan jika peralatan tersebut perlu diservis lebih lanjut. Atau, sebaliknya, jika Anda berencana untuk menjualnya.

Baca Juga:  Ini Dia Kelebihan Penggunaan Lampu LED untuk Tanaman

Saat traktor Anda keluar di musim tanam untuk pertama kalinya, berikan waktu untuk menyesuaikan. Periode “dingin” dan lama tidak digunakan dapat membuatnya agak lambat untuk memulai.

Mesin traktor adalah barang berharga bagi setiap petani. Anda harus memperlakukannya dengan baik. Oleh karena itu, mempertimbangkan pada rekomendasi layanan traktor ini sangatlah penting untuk meningkatkan traktor Anda.

Jika sudah merasa yakin dengan perawatan untuk saat ini, Anda harus melakukan perawatan traktor secara rutin. Melakukan perawatan secara rutin pada traktor akan menjadikan traktor Anda bertahan dalam jangka waktu yang lama dan terhindarkan dari yang namanya kerusakan.

Loading...
Loading...