Cara Merawat Pedet agar Tumbuh Menjadi Sapi yang Sehat

PertaniankuMerawat pedet terbilang cukup rumit karena pedet masih rentan terkena penyakit. Selain itu, cara perawatan yang digunakan akan memengaruhi pertumbuhan sapi saat dewasa. Oleh karena itu, merawat pedet tidak boleh dilakukan sembarangan. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan selama masa perawatan pedet.

merawat pedet
foto: Pertanianku

Kandang pedet

Sebelum pedet lahir, peternak sudah harus mempersiapkan kandang tipe kotak untuk menampung anak sapi yang baru lahir hingga berumur 3—4 bulan. Tipe kandang yang digunakan adalah kandang individual yang terbuat dari bilah kayu atau bambu, sedangkan lantainya dilapisi jerami untuk menghangatkan tubuh.

Model kandang lain yang bisa dipakai ialah kandang tunggal. Kandang ini untuk merawat beberapa pedet, tetapi tetap diberi sekat agar setiap petak hanya diisi oleh satu pedet.

Saat baru lahir

Pedet yang baru lahir membutuhkan waktu selama 30 menit untuk mampu berdiri. Setelah bisa berdiri, pedet akan mencari puting susu induknya untuk mendapatkan kolostrum. Pedet yang baru lahir harus dibersihkan dari lendir yang menempel di bagian mulut, lubang hidung, dan bagian lainnya agar sistem pernapasannya berjalan dengan baik. Periksa bagian pernapasan untuk memastikan sistem pernapasan pedet baik-baik saja dengan cara menekan dada.

Tali pusar yang masih menempel pada tubuh pedet dipotong sebanyak 10 cm dari pangkal talinya dan diolesi dengan antiseptik. Setelah 30 menit berlalu, bantu pedet yang masih belum bisa berjalan untuk menyusu di puting induk atau induk lain. Biarkan pedet bersama induknya selama 205 hari hingga masa sapih tiba.

Perlakuan selama masa pedet

Perlakuan yang perlu diterapkan selama masa pedet berlangsung adalah penimbangan bobot secara berkala, pengebirian, pengilangan tanduk, pemberian kalung, dan memberikan tanda pengenal.

Baca Juga:  Menko Perekonomian Beri Nama Janaka untuk Ayam KUB 2

Menjaga kebersihan kandang

Kandang pedet dan kandang indukan harus dijaga kebersihannya setiap saat dari bekas pakan dan kotoran. Sirkulasi udara harus bagus. Peralatan yang digunakan selama masa pemeliharaan pedet juga harus bersih. Lantai kandang harus selalu diberikan alas untuk menghangatkan tubuh pedet.