Cara Merawat Pohon Mangga Chokanan Di Pekarangan Rumah

PertaniankuPohon mangga chokanan di pekarangan rumah harus dirawat secara intensif agar mampu tumbuh dengan baik, menghasilkan buah yang banyak, serta sosok tanaman terlihat cantik. Ada banyak manfaat menanam mangga chokanan di pekarangan rumah, salah satunya adalah buahnya yang manis seperti madu.

pohon mangga chokanan
foto: pertanianku

Faktor yang menentukan keberhasilan pohon dapat berbuah adalah bibit yang berkualitas dan caa pemeliharaan yang tepat. Untuk menghasilkan buah secara optimal, pohon mangga perlu dirawat dengan cara seperti ulasan di bawah ini.

Penyiraman

Loading...

Penyiraman pada awal penanaman bibit sebaiknya dilakukan secara teratur pada pagi dan sore hari, tergantung dengan kondisi cuaca. Saa musim kemarau, tanaman disiram sebanyak dua kali karena media tanam mudah mengering, namun jangan sampai menggenangi media tanam. Media tanam yang becek bisa menyebabkan tanaman mudah terserang cendawan.

Penyiraman sebaiknya menggunakan gembor atau sprinkler agar menyebar ke seluruh media. Penyiraman selanjutnya disesuaikan dengan kebutuhan tanaman serta musim yang sedang berlangsung.

Penyiangan

Penyiangan biasanya bisa dilakukan dua minggu sekali dengan cara membersihkan rumput atau gula yang tumbuh di sekitar tanaman sampai batas tajuk bagian luar. Anda bisa membersihkannya langsung dengan tangan atau cangkul. Pembersihan gulma berfungsi untuk mengurangi penyerapan nutrisi di dalam tanah oleh tanaman gulma, sehingga pohon mangga dapat tumbuh dengan subur.

Pemupukan

Pupuk pada pohon mangga top diberikan pada saat masa pertumbuhan vegetative dan generative. Pupuk yang diberikan selama masa vegetative yang berlangsung kurang lebih satu tahun adalah NPK. Pemberian dilakukan sebanyak dua bulan sekali dengan dosis 1 sdt. Selain itu, berikan juga pupuk kandang setiap enam bulan sekali dan pupuk daun setiap dua minggu sekali.

Baca Juga:  Dulang Miliaran Rupiah dari Menanam Pisang di Sawah

Setelah berumur 1-2 tahun, tanaman manga sudah memasuki masa generative. Pada masa ini dibutuhkan pupuk NPK dengan dosis P dan K yang tinggi. Pemupukan dilakukan setiap dua bulan sekali dengan disis 1 sdm. Berikan juga pupuk rendaman dari kotoran sapi, daun paitan, dan bonggol pisang yang dikocorkan setiap satu bulan sekali serta pupuk kandang setiap enam bulan sekali.

Pemangkasan

Pemangkasan bisa dilakukan untuk memelihara bentuk pohon agar tetap indah dan mudah dipelihara serta untuk merangsang pembuahan. Teknik pemangkasan pohon mangga chokanan bisa Anda simak dalam buku Mangga Top di Kebun dan Pot yang dikeluarkan oleh Penebar Swadaya. Tidak hanya cara merawat, dalam buku tersebut juga membahas bagaimana cara menghadapi hama hingga panen buah mangga chokanan dengan benar.

 

Loading...
Loading...