Cara Merawat Semangka di Musim Hujan


Pertanianku — Banyak faktor yang dapat memengaruhi kesuksesan penanaman tanaman semangka selain pengetahuan dasar tentang budidaya tanaman. Ada banyak faktor kecil yang ternyata merupakan syarat penting dalam pertumbuhan tanaman buah merambat ini. Misalnya, bagaimana cara merawat semangka di musim hujan.

cara merawat semangka di musim hujan
Foto: Pixabay

Tanaman semangka menyukai iklim yang panas dan kering, yaitu pada saat musim kemarau. Pada kondisi ini, semangka akan tumbuh secara optimal dengan penyediaan air yang cukup, di mana air tidak menggenangi lahan. Meskipun begitu, menanam semangka pada musim hujan bukanlah hal yang tidak mungkin.

Hanya saja, hasil panen sulit untuk optimal dan akan menghadapi berbagai tantangan yang dapat berpotensi gagal panen. Tantangan yang paling sering ditemui oleh petani adalah serangan penyakit yang meningkat seperti pembusukan buah sebelum panen ataupun tumbuhnya jamur pada buah karena suhu yang lembap. Ada tiga hal yang wajib dilakukan pada saat menanam semangka di musim yang lembap seperti berikut.

  1. Menggunakan plastik mulsa

Penggunaan plastik mulsa dalam budidaya tanaman semusim merupakan alternatif terbaik yang dapat dilakukan untuk menunjang kesuksesan dalam budidaya tanaman, baik di musim kemarau maupun hujan. Semangka juga merupakan salah satu buah yang akan lebih optimal jika ditanam di musim kemarau. Hal ini membuat buah semangka menjadi tanaman semusim.

Menggunakan cara ini untuk menanam semangka di luar musimnya akan sangat membantu untuk menjaga masa pertumbuhannya. Plastik mulsa ini bermanfaat untuk mengatur tingkat atau kadar air dalam tanah. Caranya adalah dengan menutupi lahan atau bedengan air dengan plastik ini. Dengan begitu, air hujan tidak akan sepenuhnya mengguyur tanah secara langsung.

  1. Membuat bedengan

Bedengan air pada lahan tanaman semangka sangat berguna untuk mengurangi dan meminimalisir kebanjiran akibat hujan seperti cara perawatan cabai di musim hujan. Jika tidak dibuat bedengan dan bibit ditanam di lahan datar, air hujan akan merendam seluruh tanaman semangka karena tidak ada jalur yang mengalirkan air. Jika dibuat bedengan, posisi tanaman akan lebih tinggi dan tidak akan terendam air hujan.

  1. Waspada pada hama dan penyakit
Baca Juga:  Bunga Tanaman Delima Rontok? Coba Pakai Cara Ini

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, hama dan penyakit akan jauh lebih mudah menyerang tanaman semangka pada saat musim hujan. Sebagai salah satu cara merawat semangka di musim hujan agar berbuah besar dan segar, perlu diketahui juga jenis hama dan penyakit apa saja yang menyerang tanaman semangka beserta dengan cara mengatasinya.