Cara Merawat Sugar Glider, Hewan Mini yang Eksotik

PertaniankuSugar glider merupakan hewan peliharaan mini yang menggemaskan. Sebenarnya, merawat sugar glider tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu melakukannya dengan rutin dan tepat. Merawat sugar glider tidak boleh dilakukan sembarangan agar hewan peliharaan tidak mudah sakit. Berikut ini beberapa tips memelihara sugar glider agar tetap bergerak lincah dan menggemaskan.

merawat sugar glider
foto : By Joseph C Boone – Own work, CC BY-SA 4.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=61962405

Biasakan aktif pada siang hari

Sugar glider merupakan hewan nokturnal yang biasa aktif pada malam hari. Namun, kebiasaannya tersebut menyebabkan para pemilik kesulitan untuk melakukan pendekatan atau bonding. Anda harus membiasakan diri main dengan hewan peliharaan pada siang hari. Lakukan aktivitas bersama sugar glider di tempat yang teduh dan terlindung dari sinar matahari. Sugar glider yang masih muda biasanya akan tertidur setelah kelelahan main.

Loading...

Jaga kebersihan kukunya

Sugar glider merupakan hewan yang senang memanjat. Oleh karena itu, hewan mungil ini memiliki kuku yang tajam. Tidak hanya memanjat, sugar glider juga senang bergelayutan di pohon. Namun, kukunya yang tajam justru bisa mengganggu sugar glider yang sudah dijadikan hewan peliharaan, terutama untuk sugar glider yang memiliki kulit sensitif. Kuku tersebut bisa menyebabkan luka goresan.

Anda harus memotongnya dengan gunting secara rutin. Saat memotong kukunya, Anda harus benar-benar cermat karena ukuran hewan ini kecil. Sebelum memotong kuku-kukunya, masukkan si mungil ke kantong untuk meminimalkan pergerakan tubuhnya. Kuku yang boleh dipotong hanya bagian yang berwarna putih kekuningan. Jika pemotongan terlalu lebih, akan berbahaya bagi hewan dan bisa menyebabkan pendarahan.

Memandikan

Hewan eksotis ini butuh dimandikan untuk membersihkan bulu-bulu yang berada di sekujur tubuhnya. Sebenarnya, sugar glider merupakan hewan yang senang membersihkan tubuhnya sendiri. Mereka akan menggunakan jari dan lidahnya untuk membersihkan bulu-bulunya. Namun, ada kalanya kondisi sugar glider bisa benar-benar kotor dan mengeluarkan bau. Oleh karena itu, Anda tetap harus memandikannya.

Baca Juga:  Mengatasi Serangan Lalat Buah Jambu Air Madu Deli, Bikin Jambu Jadi Busuk!

Memandikan sugar glider sangat gampang, Anda hanya butuh tisu basah untuk membersihkan tubuhnya yang kotor. Usapkan tisu tersebut ke permukaan tubuhnya. Hindari penggunaan tisu basah beralkohol dan mengandung larutan kimia lainnya.

Rajin membuang kotorannya

Sugar glider memang senang membuang kotoran sembarangan sebagai penanda daerah kekuasaanya. Apalagi untuk sugar glider yang masih dalam tahap adaptasi. Hewan mungil ini, bahkan bisa mengeluarkan kotorannya di tangan si pemilik.

Anda harus membiarkannya terlebih dahulu saat sugar glider membuang kotoran selama beberapa menit. Setelah itu, angkat dan bersihkan tempat tersebut. Jika jalinan antara pemilik dan sugar glider sudah terjalin kuat, akan jarang buang kotoran di sembarang tempat.

 

Loading...
Loading...