Cara Merawat Tanaman Hias untuk Orang Sibuk


Pertanianku — Memiliki banyak tanaman hias di rumah tentu menyejukkan. Akan tetapi, Anda tidak memiliki waktu untuk merawat mereka karena terlalu sibuk. Nah, jangan khawatir, berikut ini ada tips merawat tanaman hias yang cocok untuk Anda yang sibuk dengan aktivitas sehari-hari.

tips merawat tanaman hias
Foto: Google Image
  1. Pakai es batu salah satu cara praktis rawat tanaman hias

Tanaman hampir tiap saat butuh air. Jadi, saat sibuk dan tak bisa menyiram tanaman secara berkala, bisa dengan memanfaatkan es batu sebagai pengganti air. Saat proses penyiraman airnya jadi tidak terlalu banyak kandungan air. Es batu mampu memberi tetesan air yang stabil saat perlahan-lahan mencair. Hal tersebut berguna untuk mencegah tanah dalam pot basah kuyup.

  1. Menempatkan wadah berisi air

Selain dengan es batu, salah satu cara praktis lainnya agar meningkatkan kelembapan pada tanaman dengan menempatkan wadah semacam piring yang berisi air di bawah pot tanaman.

Saat air menguap, kondisi tersebutlah yang mampu meningkatkan kelembapan sekeliling tanaman. Tapi perlu juga diingat, saat menempatkan pot di atas wadah air tadi, tambahkan pula sejumlah kerikil di bagian bawah pot, agar jalur drainase tak tertutup serta akar tanaman tidak mudah membusuk.

  1. Tempatkan tanaman secara berkelompok

Saat beberapa tanaman dikumpulkan, mereka akan saling melepaskan uap air melalui daunnya selama proses transpirasi. Oleh karena itu, ketika uap air dilepaskan, ada tanaman hias lain yang merasakan peningkatan kelembaban dalam ruangan yang kering dan sangat baik bagi tanaman hias.

Nah, itulah beberapa tipsnya. Meskipun sibuk, Anda bisa terus merawatnya tanpa kehilangan waktu.

Baca Juga:  Cara Beda dan Unik Menanam Kaktus di Rumah