Cara Merawat Tanaman Jeruk Manis di Pekarangan yang Mudah untuk Pemula

Pertanianku — Jeruk merupakan buah yang disukai oleh semua orang karena rasanya manis dan menyegarkan, juga mudah dikonsumsi. Jeruk manis tidak begitu sulit untuk dirawat sendiri di pekarangan. Anda, sebagai pemula, pasti bisa merawatnya hingga menghasilkan buah yang lebat. Buku Bertanam 13 Tanaman Buah di Pekarangan menjelaskan cara menanam dan merawat tanaman jeruk manis di lahan ataupun di pot.

merawat tanaman jeruk
foto: Pertanianku

Pada dasarnya menanam di pot ataupun di lahan tidak begitu berbeda. Hanya saja, ada beberapa alat dan bahan tambahan yang perlu Anda persiapkan ketika ingin bertanam di pot. Begitupun dengan cara perawatannya, tanaman jeruk manis di lahan dan pot sama-sama membutuhkan penyiraman, penyiangan, penggemburan, pemupukan, pemangkasan, dan penjarangan buah.

Penyiraman

Penyiraman dilakukan secara rutin, tetapi jangan sampai menggenangi batang akar. Penyiraman dilakukan saat musim kemarau, fase menjelang pembungaan, dan fase menjelang pembentukan buah.

Penyiangan dan penggemburan

Gulma yang sudah tumbuh harus segera disiangi secara manual. Sementara itu, penggemburan dilakukan ketika akar tanaman sudah mulai terlihat di permukaan media tanam. Penggemburan perlu dilakukan secara hati-hati, jangan sampai melukai akar sehingga menyebabkan luka.

Pemupukan

Pemupukan harus disesuaikan dengan tempat tanaman yang dipilih, yaitu di lahan atau di pot. Selain itu, pemupukan juga perlu disesuaikan dengan jenis pupuk yang digunakan dan umur tanaman. Anda juga perlu memberikan pupuk kandang setiap enam bulan sekali. Pupuk yang dibutuhkan untuk penanaman di pot 5 kg/pot, sedangkan tanaman yang di lahan membutuhkan sebanyak 15 kg/pot.

Pemangkasan

Pemangkasan bertujuan membentuk tanaman agar tidak terlalu tinggi sehingga mudah dirawat, percabangan teratur dan kokoh, cahaya matahari merata, kualitas buah terjaga, banyak tunas baru yang muncul, dan mengurangi kerimbunan.

Baca Juga:  Langkah Mudah Budidaya Markisa

Penjarangan buah

Buah yang lebat bukan berarti pertanda yang baik. Anda harus melakukan penjarangan buah untuk mendukung pertumbuhan buah yang berkualitas. Buah yang dibuang adalah buah yang sakit, tidak terkena sinar matahari, dan terlalu banyak di dalam satu tangkai.

Bertanam 13 Tanaman Buah di Pekarangan membahas setiap langkah perawatan secara detail sehingga bisa Anda jadikan sebagai pedoman untuk melebatkan tanaman jeruk manis. Tak hanya jeruk manis, masih ada 12 komoditas buah lainnya, seperti lengkeng, mangga, belimbing manis, delima, jambu air, jambu biji, dan lain-lain. Segera dapatkan buku tersebut dengan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya atau berkunjung ke Shopee Mall atau Tokopedia Penebar Swadaya.