Cara Mudah Atasi Ruam Susu pada Bayi

Pertanianku — Bayi yang masih dalam tahap ASI ekslusif sering kali mengalami pipi terlihat memerah seperti ruam atau biasa disebut dengan ruam susu. Kondisi pipi yang kemerahan tersebut disebabkan oleh cairan ASI yang sedang diberikan padanya. Ruam tersebut disebut dalam istilah medis dengan eksim, yakni kondisi kulit kronis yang menyebabkan ruam, kulit kering, pecah-pecah, dan menimbulkan rasa gatal.

ruam susu
foto: pixabay

Tak hanya di bagian pipi, ruam juga dapat muncul di beberapa bagian tubuh lainnya, seperti kulit kepala, lipatan leher, siku, lutut, dahi, dan area yang tertutup popok. Jika tidak segera diatasi, ruam tersebut akan menimbulkan rasa gatal yang sangat parah bahkan sampai mengganggu kenyamanan bayi. Oleh karena itu, Anda perlu mengatasinya sebelum semakin parah.

Kondisi tersebut bisa terjadi dalam jangka waktu yang lama dan sulit untuk sembuh, Anda pun harus sabar menuntaskan rangkaian pengobatan pada buah hati agar ruam susu benar-benar menghilang.

Loading...

Anda bisa mengatasi ruam tersebut dengan beberapa cara. Salah satunya dengan ramuan herbal yang cukup aman untuk digunakan karena berasal dari bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi buah hati. Berikut ini cara mudah atasi ruam susu pada bayi dengan ramuan obat oles yang bisa Anda buat dari bahan herbal.

Bahan yang dibutuhkan adalah buah ceremai 3 biji. Sebelum diolah, buah ceremai harus dipastikan sudah dicuci bersih. Buah ceremai yang sudah bersih diparut, lalu diperas untuk mengambil airnya. Air perasan buah ceremai tersebut dapat dioleskan ke bagian kulit si kecil yang terkena ASI. Perlakuan ini dapat Anda lakukan rutin 2 kali sehari hingga ruam susu pada si kecil menghilang.

Baca Juga:  Obati Asma dengan Tanaman Hias Irah-irahan (Cissus javana)

Selain dengan ramuan herbal, Anda bisa melakukan beberapa perawatan seperti memandikan si kecil dengan air hangat suam-suam kuku maksimal 10 menit. Jangan gunakan air yang terlalu panas karena akan membuat kulit si kecil semakin kering. Setelah itu, tepuk-tepuk bagian tubuh dengan handuk halus untuk mengeringkannya dan jangan digosok.

Hindari pemakaian baju yang terlalu tebal, ketat, berbahan kaku seperti wool dan nilon untuk menghindari ruam semakin parah. Gunakan bahan katun yang lembut agar si kecil pun merasa nyaman.

Loading...
Loading...