Cara Mudah Bertanam Buah Keluwih

Pertanianku Buah keluwih mirip dengan sukun. Perbedaannya hanya terletak pada ada tidaknya biji tanaman. Buah keluwih biasa dimanfaatkan masyarakat menjadi bahan campuran masakan sayur dan kayunya biasanya dimanfaatkan sebagai kayu bakar atau diolah menjadi alat rumah tangga. Belum banyak yang mengetahui manfaat pohon keluwih sehingga masih sedikit yang ingin menanam keluwih.

buah keluwih
foto: wikipedia

Keluwih biasa disebut juga dengan timbul adalah tanaman sayuran buah yang berumur tahunan atau lebih dari dua tahun. Tinggi pohonnya dapat mencapai 10 m. Daun pohonnya lebar, tunggal, bercanggap menjari, dan berwarna hijau tua. Batang pohonnya agak lunak, bagian dalam kayu memiliki jaringan gabus yang waktu masih muda berlubang.

Bentuk buah keluwih bulat besar dan berduri lunak. Semua bagian tanaman keluwih bergetah. Manfaat buah keluwih memang hanya untuk disayur karena tidak memiliki nilai jika dihidangkan begitu saja sebagai buah konsumsi.

Kayu keluwih biasanya digunakan sebagai bahan alat rumah tangga, konstruksi ringan, dan membuat perahu karena kayu keluwih berpola bagus, ringan, dan cukup kuat. Keluwih yang berbiji lebih sering dipanen pada saat muda.

Buah keluwih bisa diolah menjadi sayur lodeh, sayur asam, atau ditumis dengan bumbu cabai. Biji yang sudah tua bisa direbus atau disangrai untuk dijadikan camilan.

Menanam keluwih bisa dilakukan dari biji keluwih yang sudah tua. Menanam keluwih bisa dilakukan di semua jenis tanah dengan pH 5—6,5 dan beriklim basah. Pohon ini dapat tumbuh pada dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian mencapai 1.000 mdpl dengan suhu udara berkisar 20—35°C. Pohonnya dapat tumbuh dengan baik di tanah yang subur.

Sebelum ditanam di lahan, biji keluwih harus disemai dalam polibag terlebih dahulu. Lahan yang akan ditanam keluwih harus dibersihkan dari gulma dan dibuat lubang tanam dengan ukuran 50 cm × 50 cm × 40 cm dengan jarak antarlubang 10—12 m. Lubang tanam diberikan pupuk kandang sebanyak 10—20 kg tiap lubang.

Baca Juga:  Lokasi yang Sesuai untuk Menanam Markisa

Bibit yang sudah tumbuh hingga 60—70 cm dilepaskan dari polibag pelan-pelan, agar akarnya tidak rusak. Saat ini banyak orang yang sudah menanam keluwih hanya untuk kebutuhan pribadi di pekarangannya, belum ada orang yang menanam untuk tujuan komersial.

Pemeliharaan tanaman ini hanya perlu melakukan pembersihan gulma dan memberantas hama serta penyakit. Tanaman keluwih mulai berbuah pada umur 2—3 tahun. Buahnya baru dapat dipanen satu bulan kemudian secara selektif. Buah keluwih dapat dipanen saat masih muda ataupun tua. Pada musim hujan biasanya pohon keluwih akan berbuah lebat.


loading...