Cara Mudah Budidaya Burung Kenari, Yuk, Praktikkan!


Pertanianku — Memelihara burung kenari merupakan hobi yang bisa Anda nikmati di sela-sela waktu senggang. Atau, mungkin Anda tertarik untuk budidaya burung kenari.

Budidaya burung kenari
Pertanianku

Ya, memelihara burung memang menjadi hobi sebagian masyarakat kita, terutama kaum lelaki. Selain Anda dapat menyalurkan hobi Anda tersebut, Anda pun dapat memperoleh keuntungan dengan menjual burung kenari kecil hasil perkawinan antara si jantan dan betina.

Budidaya burung kenari tergolong mudah. Untuk itu, simak ulasan berikut ini dan praktikkan di rumah!

Pembibitan

Saat Anda ingin melakukan pembibitan burung kenari, pilihlah burung kenari yang siap ternak. Usia burung kenari siap ternak berbeda antara si jantan dan si betina.

Usia burung kenari jantan yang siap ternak minimal 8 bulan, sedangkan usia betina yang siap ternak minimal 6 bulan. Hal ini tentunya dapat Anda tanyakan terlebih dahulu pada penjual bibit burung kenari dan pastikan penjualnya jujur.

Penyiapan Kandang

Saat Anda membudidayakan burung kenari, penyiapan dan perawatan kandang benar-benar harus Anda perhatikan. Berikut ini beberapa tips bagi Anda dalam menyiapkan kandang untuk burung kenari.

  • Kandang harus bebas dari gangguan hewan seperti semut, tikus, ular, dan sebagainya.
  • Kandang harus bersih dan usahakan terkena sinar matahari saat pagi hari.
  • Kandang dapat menampung burung kenari beserta makannya dengan lapang.
  • Kandang terbuat dari bahan yang awet, tidak mudah rusak dan dimakan rayap. Jenis kandang alumunium bisa jadi pilihan yang tepat.

Menjodohkan Burung Kenari

Proses penjodohan tidak bisa dihitung secara pasti. Hal ini tergantung pada ketepatan Anda dalam memasangkan antara si jantan dan si betina. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

  • Usahakan untuk mendekatkan kandang si jantan dan si betina saat proses penjodohan. Jangan langsung disatukan dalm satu dalam satu kandang karena mereka bisa saja saling bertengkar.
  • Usahakan untuk selalu memasangkan burung kenari tersebut di mana saja, misalnya saat dijemur, agar mereka semakin akrab.
  • Acara penjodohan ini dapat Anda lakukan pada sore hari sehingga pada malam hari mereka bisa saling mengakrabkan diri dan di pagi hari mereka siap untuk dikawinkan.
Baca Juga:  Pakan Wajib untuk Ayam yang Harus Berikan

Mengawinkan Burung Kenari

Mengawinkan burung kenari bisa Anda lakukan dengan memindahkan si jantan ke sarang betina. Untuk mempercepat prosesnya, Anda dapat meningkatkan stamina si jantan dengan memberikan nutrisi berprotein tinggi seperti telur puyuh dan taoge.

Setelah itu, awasi peranakan yang mereka hasilkan karena biasanya menjadi sasaran empuk tikus atau semut.

loading...
loading...