Cara Mudah Budidaya Microgreen

Pertanianku — Saat ini microgreen telah menjadi sayuran pilihan para milenial karena dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Sesuai dengan namanya, sayuran ini dikonsumsi ketika masih berumur muda, umumnya sayuran sudah dipanen saat berumur 7—14 hari. Budidaya microgreen bisa dilakukan dalam skala kecil ataupun skala besar. Sayuran ini bisa menjadi solusi bagi permasalahan ketersediaan lahan yang semakin mengecil di perkotaan.

budidaya microgreen
foto: Pixabay

Budidaya microgreen sebenarnya tidak begitu sulit sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk Anda. Berikut ini langkah-langkah mudah budidaya microgreen.

Persiapan sebelum budidaya

Karena sayuran sudah dipanen saat masih kecil, lahan dan wadah yang dibutuhkan tidak perlu besar. Wadah yang bisa Anda gunakan antara lain tempat makan dari plastik, kotak atau kaleng bekas biskuit, atau wadah tanam berukuran 1,25—5 cm. Media tanam yang dibutuhkan pun tidak sulit, hanya tanah yang tidak terlalu basah. Setelah itu, siapkan tray semai untuk microgreen dan beberapa perlengkapan yang akan dibutuhkan.

Benih

Gunakan benih berkualitas agar menghasilkan tanaman berkualitas. Benih dapat ditaburkan seacara langsung di atas tanah, kemudian taburkan tanah yang sudah diayak di atas benih hingga mencapai ketebalan 0,5 cm.

Untuk benih kecil seperti benih lobak dan brokoli bisa langsung disemai di atas media tanam. Sementara itu, untuk benih berukuran besar seperti benih kacang kapri perlu direndam dengan air hangat selama 5 jam hingga semalaman. Agar benih cepat berkecambah, tutup wadah dan letakkan di tempat yang teduh. Setelah dua hari, buka penutup wadah dan pindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari ketika tanaman sudah mengeluarkan bakal daun.

Cara memelihara microgreen

Selama masa pemeliharaan, media tanam di dalam wadah harus dijaga tetap lembap, tapi jangan sampai kelebihan air. Apabila ada sisa air dari penyiraman di dalam media saat proses penyiraman sudah selesai, segera buang air tersebut agar tanaman tidak mudah busuk. Tanaman diberikan air sebanyak 2—3 kali sehari dengan sprayer.

Panen

Baca Juga:  5 Tepat yang Harus Diterapkan Saat Pemupukan

Tanaman sudah bisa dipanen maksimal setelah berumur 10—14 hari. Panen dapat dilakukan dengan menggunakan gunting tajam dan tidak pernah digunakan untuk menggunting benda lain. Gunting batang tanaman tepat di atas tanah, kemudian cuci bersih microgreen dan tiriskan. Setelah itu, sayuran microgreen sudah bisa disimpan di dalam wadah tertutup rapat dan dimasukkan ke mesin pendingin.