Cara Mudah Kenali Ikan Berformalin Bagi Orang Awam


Pertanianku — Ikan merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk tubuh. Namun, para ibu harus berhati-hati dalam membeli ikan. Banyak penjual nakal yang menggunakan zat formalin untuk mengawetkan ikan. Oleh karena itu, Anda perlu kenali ikan berformalin sebelum membelinya.

kenali ikan berformalin
Foto: Shutterstock

Ahli diet di Max Hospital, Dr. Ritika Samadar mengungkapkan, cara mudah mengenali ikan berformalin dilihat dari bau dan teksturnya.

“Ikan yang diawetkan dengan formalin akan kaku dan bersisik keras,” ujar Samadar, dilansir dari Indian Express.

Selain itu, ikan yang berformalin juga tidak mengeluarkan bau amis seperti ikan-ikan pada umumnya. Lalat pun tidak berkeliaran di dekat ikan yang diawetkan dengan formalin karena biasanya ikan yang bebas dari formalin itu akan dikelilingi oleh lalat.

Sementara itu, Dr. Joydeep Ghosh dari Fortis Hospital di Kolkata mengungkapkan bagaimana cara menangani ikan berformalin yang terlanjur Anda beli.

“Satu-satunya cara menghilangkan formalin pada ikan adalah dengan mencucinya dengan air keran selama 10 hingga 12 menit. Tidak cukup direndam dalam air,” kata Ghosh.

Ghosh juga mencatat berbagai efek yang dapat terjadi pada kesehatan manusia jika mengonsumsi ikan berformalin. Efek yang terjadi antara lain sakit perut, efek berbahaya pada hati, penyakit kulit (jika bahan kimia bersentuhan dengan kulit), memburuknya masalah pernapasan, mata berair dan gatal, serta memiliki konsekuensi serius seperti kanker.

Baca Juga:  Atasi Hama pada Budidaya Mujair dengan Trik Ini