Cara Mudah Kupas Buah Plum

Pertanianku — Buah plum digemari karena dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. Namun, cara konsumsi buah plum belum banyak yang mengetahui, termasuk cara mengupas buah plum tersebut. Berikut ini ada cara mengupas buah plum yang baik dan benar.

cara mengupas buah plum
Foto: freepik

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan buah plum tersebut. Cuci buah plum dengan air mengalir. Pencucian harus dilakukan untuk memastikan buah bersih dari kotoran. Kotoran ini juga bisa berupa pestisida, tanah, dan sebagainya.

Pengupasan yang paling mudah bisa dengan mengunakan dua suhu yang berbeda, yakni suhu sangat panas dan sangat dingin. Cara ini dikenal juga dengan nama blanching, alias pemanasan dengan suhu tinggi pada waktu singkat, kemudian didinginkan ke dalam air dengan suhu yang dingin.

Loading...

Langkah berikutnya adalah menyiapkan air panas. Didihkan air sebanyak satu panci hingga cukup untuk merendam satu buah plum yang Anda miliki. Siapkan juga satu wadah air yang digunakan untuk mendinginkan buah plum. Siapkan juga es batu secukupnya.

Siapkan buah plum yang akan di-blanching. Ambil pisau dan buat bentuk silang ‘x’pada bagian bawah buah. Tujuan pembuatan garis ini adalah untuk memudahkan pengupasan ketika plum sudah di-blanching. Hindari membuat tanda terlalu dalam, cukup mengiris kulitnya sedikit saja.

Masukkan buah plum ke air yang sudah mendidih. Hitung waktu pemasukan buah plum hanya selama 30 detik. Jika terlalu lama, daging buah bisa benyek dan hancur. Namun, jika kurang dari waktu tersebut, proses blanching tidak akan terjadi dengan baik.

Lakukan perebusan ini secara bergantian. Hindari memasukkan buah plum secara bersamaan agar buah tidak terlalu matang. Selain dengan air mendidih, Anda bisa memasukkan buah ke air panas atau menyiramnya dengan air panas. Waktu yang diperlukan sama, yakni hanya 30 detik.

Baca Juga:  Kenali Prospek Budidaya Melon

Ketika sudah berada di air panas selama setengah menit, angkat dan langsung masukkan ke air dingin. Air ini bisa ditambahkan dengan es batu agar suhunya lebih dingin. Lakukan perendaman ini selama 30 detik dan segera angkat kembali.

Cek kembali di bagian bawah yang membentuk huruf silang. Kupas kulit buah plum perlahan dengan menariknya ke bagian atas. Kulit buah plum pun akan terkupas dan buah siap dikonsumsi.

Loading...
Loading...