Cara Mudah Membedakan Pleci Jantan dan Betina

Pertanianku — Bagi pehobi burung kicau yang sudah berpengalaman, saat membedakan pleci jantan dan betina memang tidak akan kesulitan melakukannya. Namun, kegiatan ini cukup menyulitkan bagi pemula karena perlu dilakukan secara teliti. Anda perlu mengamati ciri-ciri yang tampak dengan saksama. Anda bisa membedakan pleci jantan dan betina dari sosok fisiknya seperti berikut ini.

pleci jantan
foto: Pixabay

Pleci jantan

Burung pleci jantan memiliki postur badan yang lebih panjang dan proporsional. Bagian kepala jantan cenderung lebih besar dengan bola mata yang besar. Pada bagian mata terdapat garis kacamata yang berwarna putih solid dan tebal. Pleci jantan yang sering menjadi idola banyak orang, berkepala besar dengan leher panjang dan berisi.

Burung jantan mempunyai paruh yang lebih panjang dan tebal. Saat memilih pleci jantan, sebaiknya pilih pleci dengan pangkal paruh lebar dan paruh tebal yang panjang selaras dengan lebar pangkal paruh.

Bagian kaki tergolong jenjang atau lebih tinggi. Kondisi kaki ini dapat membuat burung jantan cenderung lebih tegak ketika berdiri. Pada bagian ekor terbilang lebih panjang dengan ujung ekor yang berbentuk “V” terbalik. Kondisi pleci yang bagus ditandai dengan kaki kering dan mampu mencengkeram kuat tangkringan atau tenggeran.

Jantan yang baik akan bergerak lincah dan agresif. Burung tidak memiliki cacat dan postur badan sedang, serta panjangnya proporsional. Bagian bulu terasa kering, rapi tidak kusam, dan sayap mengapit rapat simetris.

Pleci betina

Pada dasarnya ciri-ciri fisik betina hampir kebalikan dari pleci jantan. Postur badan pleci betina cenderung berbentuk bulat dan lebih pendek. Bagian kepala tergolong lebih kecil dengan bola mata berukuran normal. Garis kacamata yang terdapat di sekitar matanya cenderung lebih tipis dan tidak solid. Pleci betina berparuh pendek, tipis, dan paruh bagian bawahnya akan membengkok ke bawah.

Baca Juga:  Alasan di Balik Pentingnya Merawat Kuku Kuda Secara Rutin

Bila jantan memiliki kaki jenjang, berbeda dengan pleci betina yang memiliki kaki pendek. Ukuran ekor juga lebih pendek dengan bagian ujung ekor yang rata, tidak seperti jantan yang berbentuk “V” terbalik.