Cara Mudah Membersihkan Kepiting

Pertanianku — Apakah Anda penggemar kepiting? Hewan air yang satu ini memang memiliki cita rasa yang unik dan lezat. Dagingnya yang lembut dan gurih tertutup oleh cangkang keras. Dalam keadaan hidup, cangkang ini seringkali masih kotor dan sulit dibersihkan. Ternyata, ada cara mudah membersihkan kepiting.

cara mudah membersihkan kepiting
Foto: pixabay

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari kepiting segar yang hendak Anda olah. Kepiting segar bisa ditemukan di mana saja. Mulai dari supermarket, pasar ikan, ataupun nelayan yang biasa menangkap kepiting.

Langkah kedua adalah dengan mengetok kepiting hingga pingsan. Pastikan Anda mengetok bagian kepalanya. Kepiting yang pingsan biasanya tidak lagi bergerak aktif. Agar lebih mudah, Anda bisa mengikat capitnya terlebih dahulu atau meminta untuk diikatkan oleh penjual kepiting.

Loading...

Jangan dulu lepas tali yang mengikat cangkang kepiting. Hal ini untuk mengantisipasi kepiting yang pingsan sadar kembali. Segera balik posisi kepiting dengan bagian atasnya berupa bagian dasar (bawah) kepiting.

Jika Anda amati lebih dekat, akan terlihat cangkang berbentuk segitiga. Cangkang kecil ini terletak di bagian bawah cangkang. Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah bersihkan bagian dalam kepiting yang masih kotor.

Cangkang utama kepiting pun bisa dibuang dengan mudah. Pastikan Anda menarik kedua cangkang ke arah yang berlawanan. Dengan begitu, kepiting pun menjadi terbuka. Jika Anda lebih senang mengonsumsi kepiting dengan cangkangnya sebagai hiasan, Anda tidak perlu melakukan langkah tersebut.

Di bagian dalam kepiting, Anda akan menemukan hati kepiting. Hati kepiting ini bisa Anda buang. Jika ingin mengonsumsinya, Anda harus membersihkannya terlebih dahulu. Bersihkan hati dengan air mengalir.

Langkah selanjutnya adalah mengambil bagian usus kepiting. Berbeda dengan hati, bagian usus ini haruslah dibuang. Usus kepiting memiliki banyak kotoran yang terdapat di dalamnya sehingga tidak layak untuk dikonsumsi.

Baca Juga:  Mengenal Beragam Jenis Ikan Asin

Jika sudah, cuci seluruh bagian kepiting dengan air mengalir. Langkah ini dilakukan untuk memastikan tidak ada lagi bagain cangkang kepiting yang masih kotor.

Sesudah dicuci bersih, kepiting pun siap untuk diolah sesuai selera Anda. Selain lezat, olahan daging kepiting juga memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan Anda.

 

 

 

Loading...
Loading...