Cara Mudah Membuat Bubuk Cabai

Pertanianku — Masyarakat Indonesia sudah sangat akrab dengan rasa pedas cabai. Bahkan, sampai ada yang kurang nafsu makan bila tidak mencecap pedasnya cabai. Saat ini sudah ada banyak olahan yang terbuat dari cabai. Olahan tersebut dapat memudahkan konsumen ketika ingin menggunakannya, mulai dari saus, abon cabai, sambal, hingga bubuk cabai.

bubuk cabai
foto: Pixabay

Produk bubuk cabai sudah cukup banyak tersebar luas di pasaran. Ada berbagai merek produk olahan cabai yang bisa Anda jumpai. Namun, tahukah Anda, mengolah cabai menjadi bubuk tidak sulit. Anda juga bisa membuat bubuk cabai untuk kebutuhan pribadi atau menjadi pemasukan tambahan.

Olahan cabai ini juga dapat menjadi solusi mengatasi fluktuasi harga cabai di pasaran. Berikut ini langkah-langkah membuat bubuk cabai yang bisa Anda tiru di rumah.

Bahan:

Cabai merah segar dengan tingkat kematangan 60–90 persen.

Cara membuat:

  1. Buang tangkai buah, kemudian cuci hingga bersih dan tiriskan.
  2. Belah cabai merah membujur, bagian bijinya tidak perlu dibuang.
  3. Rendam cabai ke dalam air hangat bersuhu 87–99C selama 3–5 menit.
  4. Keringkan cabai menggunakan oven pengering pada suhu 60C selama 20–25 jam.
  5. Proses pengeringan akan menyusutkan bobot cabai sebanyak 50–60 persen bila dihitung dari berat cabai merah bersih. Cabai yang sudah kering akan terasa kering ketika diremas dengan telapak tangan.
  6. Giling cabai merah kering sampai halus (sekitar 50 mesh) menggunakan hammer mill atau blender jika jumlah bahan yang akan diolah tidak banyak.
  7. Cabai merah bubuk sudah dapat dikemas ke dalam kantong plastik yang tertutup rapat. Simpan cabai bubuk di tempat kering dan tidak panas agar dapat tahan lebih lama.
Baca Juga:  Atasi Diabetes Melitus dengan Pahitnya Pare