Cara Mudah Membuat Daging Empuk

Pertanianku — Permasalahan yang kerap muncul ketika ingin mengolah daging adalah tekstur. Banyak orang yang salah dalam menggunakan teknik pengolahan daging sehingga daging yang dihasilkan keras dan alot. Padahal, membuat daging menjadi empuk caranya cukup mudah. Berikut ini beberapa cara mudah membuat daging empuk.

daging empuk
foto: pixabay

Gunakan cara memotong yang tepat

Daging tidak bisa dipotong sembarangan karena dapat menyebabkan teksturnya menjadi alot atau susah digigit saat dimasak. Anda harus memotong daging secara melintang atau melawan arah serat. Dengan begitu, serat yang terdapat pada daging akan mudah terurai dan tidak bersatu saat dimasak sehingga daging tidak akan terasa alot.

Marinasi dengan nanas

Di dalam buah nanas terkandung enzim bromeline yang dapat digunakan untuk mengempukkan daging. Buah nanas perlu diparut terlebih dahulu hingga daging buahnya hancur. Setelah itu, balurkan atau marinasi daging dengan buah nanas selama 30 menit.

Setelah selesai dimarinasi, bilas daging sebelum diolah. Daging tidak boleh dimarinasi terlalu lama karena dapat menyebabkan teksturnya menjadi hancur dan daging sangat mudah terurai. Hal tersebut karena kandungan asam di dalam buah nanas terbilang cukup tinggi.

Masak dengan panci bertekanan

Jika memiliki panci bertekanan, Anda bisa menggunakannya untuk mengempukkan daging. Tekanan di dalam panci tersebut terbilang cukup tinggi sehingga titik didih air akan meningkat. Panas yang terperangkap di dalam panci akan menyebar secara merata ke seluruh ruang panci, termasuk daging. Dengan demikian, kematangan daging merata dan teksturnya menjadi lebih empuk.

Bungkus daun pepaya

Anda dapat memanfaatkan kandungan papain di dalam daun pepaya untuk mengempukkan daging. Mengingat pohon atau daun pepaya sangat mudah dijumpai, cara ini termasuk cara yang paling mudah. Daun pepaya hanya perlu dihaluskan, kemudian dibalurkan ke seluruh permukaan daging. Tunggu selama 30 menit, kemudian daging dibilas sebelum diolah.

Baca Juga:  Cara Membuat Pupuk Cair dari Kotoran Kambing

Agar hasilnya lebih maksimal, Anda bisa memarkan terlebih dahulu tulang daun papaya. Setelah itu, gunakan daun pepaya untuk membungkus daging dan diamkan selama 1 jam. Sebaiknya, daging yang digunakan merupakan daging utuh.

 


loading...