Cara Mudah Membuat Kompos Azolla

Pertanianku — Azolla adalah tanaman air yang sering dianggap tanaman paku air yang dapat tumbuh di berbagai perairan. Azolla memang sudah digunakan oleh sebagian petani sebagai penyubur tanah. Tidak heran jika sebagian persawahan ditumbuhi oleh tanaman ini. Selain penyubur tanah, azolla ternyata dapat dibuat menjadi kompos azolla.

kompos azolla
foto: pertanianku

Tumbuhan ini memiliki panjang sekitar 1,5—2,5 cm, bentuk daun kecil dan saling tumpuk. Warna permukaan daunnya adalah hijau kemerah-merahan. Tanaman ini tumbuh besama dengan mikroorganisme Annabaena azollae dan saling bersimbiosis mutaliasme. Di mana azolla menjadi tempat tumbuh atau inang bagi mikroorgansme Annabaena azollae.

Mikroorganisme yang hidup pada azolla mampu mengubah unsur nitrogen yang terdapat di udara sekitar tanaman menjadi unsur hara yang akan diserap oleh tanaman. Tanaman ini sudah mulai dimanfaatkan seperti menjadi kompos azolla. Dulu, tanaman ini hanya dianggap sebagai gulma sehingga banyak petani yang membasmi keberadaan azolla.

Loading...

Selain itu, penyebab berkurangnya populasi azolla adalah penggunaan pupuk anorganik di area pesawahan. Padahal, jika diolah dengan benar, tanaman ini dapat dimanfaatkan oleh petani menjadi tambahan pemasukan sembari menunggu tanaman yang di sawah panen.

Pembuatan kompos azolla pada umumnya hampir sama dengan pembuatan kompos lainnya. Setiap 2 ton tanaman azolla yang dicampurkan dengan 10 ton pupuk kandang terbukti ampuh meningkatkan hasil panen gabah kering hingga 6,06 ton. Berikut cara pembuatan kompos azolla.

  1. Tumbuk azolla hingga setinggi 1 m di atas lahan yang telah disediakan untuk pembuatan kompos.
  2. Beri kapur/abu setebal 6 cm.
  3. Lapisi campuran tanah dan pupuk kandang setebal 4 cm.
  4. Taburi pupuk urea/ZA di atas azolla.
  5. Lakukan pengadukan dan pembalikan pupuk seminggu sekali agar suhu dan tingkat kelembapan terjaga dengan baik.
  6. Atur tingkat kelembapan sebesar 60 persen. Jika tingkat kelembapan kurang dari kadar standar, Anda dapat lakukan penyiraman air secukupnya untuk menjaga kelembapan.
  7. Setelah difermentasi selama 6—8 minggu, kompos sudah siap digunakan. Azolla yang sudah berhasil menjadi kompos ditandai dengan tidak mengeluarkan bau dan berwarna kehitaman.
Baca Juga:  Langkah Mudah Budidaya Jambu Biji Kristal
Loading...
Loading...