Cara Mudah Membuat Manisan Bligu sebagai Alternatif Camilan

Pertanianku — Manisan menjadi salah satu camilan yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Kelebihan dari olahan manisan adalah mampu meningkatkan daya simpan buah segar yang rawan kebusukan. Tapi pernahkah Anda mencoba manisan bligu?

manisan bligu
Foto: pixabay

Bligu juga kerap disebut sebagai buah kundur. Buah yang dihasilkan dari tanaman rambat Benincasa hispida ini memiliki banyak manfaat karena mengandung berbagai nutrisi. Vitamin C, B2, zink, kalium, serat dan berbagai kandungan lain membuat buah ini menyehatkan jika dikonsumsi.

Sayangnya, kandungan air dalam buah ini juga cukup tinggi. Buah bligu yang sudah matang tidak bisa disimpan terlalu lama karena akan mengalami kebusukan. Salah satu olahan buah yang bisa dicoba agar tetap bisa dikonsumsi adalah dengan membuat manisan bligu.

Loading...

Berikut ini cara mudah membuat manisan bligu sebagai alternatif camilan.

Bahan-bahan:

  • Buah bligu sebanyak 2 kilogram atau satu buah bligu ukuran sedang
  • Gula pasir sebanyak setengah kilogram
  • 2 potong kayu manis
  • 3 sendok makan kapur sirih
  • Air dua liter atau secukupnya

Cara membuat:

Pertama, kupas buah bligu dan buang bagian isinya. Buah bligu harus dicuci bersih untuk menghilangkan getah yang masih ada, jika Anda menggunakan bligu yang belum terlalu masak.

Kemudian, potong bligu dengan bentuk persegi panjang dengan ukuran berkisar 0,5 cm × 0,5 cm × 2 cm. Anda bisa membuat ukurannya lebih besar atau lebih kecil sesuai selera. Pengukurannya pun tidak harus tepat.

Larutkan tiga sendok makan kapur sirih dengan air kurang lebih satu liter. Rendam potongan bligu dalam air kapur sirih tersebut. Perendaman ini berfungsi untuk membuat bligu yang mengandung banyak air menjadi lebih kaku dan tidak lembek.

Lama perendaman bisa Anda sesuaikan, minimal 4 jam dan bisa hingga semalaman. Semakin lama Anda rendam, semakin keras bligu.

Baca Juga:  Resep Jus Buah Kombinasi, Ampuh Menurunkan Berat Badan

Setelah itu, rebus air sebanyak satu liter ke dalam panci. Jika sudah mendidih, masukkan gula dan kayu manis. Jika gula sudah larut, masukkan potongan bligu ke dalamnya. Aduk sampai rata.

Jika air rendaman kurang, Anda bisa menambahkan air panas. Sampai seluruh potongan bligu terendam. Aduk  sampai larutan air menjadi lebih bening atau volume air menyusut.

Angkat bligu dan pisahkan. Dinginkan. Manisan bligu siap dihidangkan dan disimpan di lemari pendingin.

Loading...
Loading...