Cara Mudah Membuat Obat Diare dari Kulit Manggis

Pertanianku —  Kulit manggis memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit salah satunya sebagai obat diare. Manggis memiliki kulit berwarna merah tua hampir keungu-unguan dan daging buah yang berwarna putih.

kulit manggis
foto: unsplash

Diare merupakan gangguan yang terjadi pada pencernaan sehingga menyebabkan seseorang terus menerus membuang air besar. Pertanda lain seseorang mengalami diare dapat dilihat dari bentuk feses yang dikeluarkan biasanya lembek atau cair, sakit perut, mual dan muntah, sakit kepala demam, serta darah pada fases.

Diare dapat berakibat buruk apabila tidak segera ditangani, salah satunya menyebabkan seseorang dehidrasi. Penderita diare juga dapat mengalami kehilangan banyak nutrisi karena saat buang air yang berlebih menyebabkan tubuh kehilangan terlalu banyak vitamin, mineral, protein, dan lemak.

Loading...

Banyak faktor yang menyebabkan diare seperti keracunan makanan tidak steril dan telah terkontaminasi bakteri yang dapat menyebabkan diare. Selain itu, infeksi kuman yang menyerang pencernaan hingga menyebabkan diare seperti bakteri, parasite, dan virus.

Laktosa dalam susu dan produk olahan susu juga dapat menyebabkan diare ketika seseorang mengalami intoleransi laktosa. Fruktosa dan pemanis buatan pun dapat menjadi penyebab diare.

Diare mengakibatkan tubuh kehilangan banyak cairan sehingga penderita diare diharuskan untuk minum air yang banyak agar tidak terjadi hidrasi. Orang yang terkena diare diharuskan istirahat karena proses pembuangan air yang berlebihan telah menguras sebagian tenaga dan harus mengonsumsi makanan yang sehat.

Untuk penyembuhan diare dengan ramuan kulit manggis, membutuhkan 4—5 gram kulit buah manggis. Cara membuatnya sebagai berikut. Pertama, bakar kulit buah  dan tumbuk hingga halus. Campurkan dengan air matang 1 gelas, lalu aduk rata. Ramuan ini dapat diminum 1 kali sehari hingga penyakit diare ini sembuh.

Baca Juga:  Kiat Menanam Melon Organik

Kulit buah manggis dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang berlebihan di dalam perut sehingga dapat meredakan dan mencegah penyakit diare. Bagian Kulit dan daging buahnya terbukti efektif dalam membantu penyembuhan dari gangguan diare dan disentri.

Pemanfaatan kulit manggis sebagai obat diare sudah dilakukan di berbagai belahan dunia seperti Brasil, Srilangka, India, Myanmar, dan Indonesia.

Loading...
Loading...