Cara Mudah Membuat Pestisida Alami untuk Tanaman di Pekarangan

Pertanianku — Serangan hama bisa terjadi pada semua jenis tanaman, termasuk di pekarangan rumah. Salah satu cara mengantisipasi serangan hama semakin merajalela, Anda perlu menyiapkan pestisida. Apabila ingin menghasilkan tanaman sayur yang organik, Anda perlu menggunakan pestisida alami yang lebih aman dan tidak akan meninggalkan residu bahan kimia yang berbahaya.

pestisida alami
foto: pexels

Pestisida alami sama seperti pestisida sintetik, tidak bisa digunakan untuk mengatasi semua jenis hama. Oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikan pestisida yang akan digunakan sesuai dengan jenis hama yang menyerang.

Untuk pestisida alami, ada jenis pestisida yang paling diandalkan oleh pekebun, yaitu pestisida bawang putih. Pestisida yang terbuat dari bumbu dapur ini dikenal ampuh mengatasi beberapa hama yang biasa menyerang tanaman.

Cara pembuatan pestisida alami dari bawang putih cukup mudah. Bahan yang Anda butuhkan hanya 10 siung bawang putih, minyak mineral, air, dan sabun pencuci piring. Minyak mineral berasal dari minyak mentah yang diekstrak, minyak ini bisa Anda beli di e-commerce.

Berikut ini cara membuat pestisida alami dari bawang putih.

Bahan-bahan:

  • 10 siung bawang putih
  • 3 sendok teh minyak mineral
  • 750 ml air panas
  • 1 sendok teh cairan pencuci piring

Cara membuat:

  • Haluskan bawang putih dengan menggunakan blender, lalu tambahkan minyak mineral.
  • Tiriskan campuran tersebut menggunakan saringan dan masukkan ke botol berukuran satu liter.
  • Tambahkan air hangat dan cairan pencuci piring, lalu tutup botol dan kocok secara perlahan.
  • Tempatkan larutan di dalam botol semprotan untuk memudahkan proses pemberian pestisida.

Pestisida alami ini perlu diberikan setiap tiga hari sekali dalam seminggu untuk mengontrol penetasan telur serangga. Pestisida perlu diberikan selama keberadaan hama masih terlihat di kebun. Jumlah yang diberikan seperlunya, terutama saat hujan turun atau ketika masalah hama kembali menyerang.

Baca Juga:  Cara Membuat Minyak Pala