Cara Mudah Membuat Pupuk Bokashi Cair

Pertanianku — Manfaat pupuk bokashi hampir sama seperti pupuk organik lainnya. Pembuatannya terbilang cukup cepat karena menggunakan aktivator EM4. Pupuk bokashi terbuat dari bahan-bahan organik yang difermentasikan sehingga akar tanaman dapat lebih mudah menyerap kandungan yang ada di dalam pupuk.

pupuk bokashi
foto: Pertanianku

Selain diberikan melalui akar, pupuk bokashi juga bisa diberikan dengan cara disemprot ke daun tanaman. Membuat pupuk bokashi tidak terlalu rumit, simak ulasan berikut ini.

Bahan-bahan:

  • Susu
  • Madu
  • Telur
  • Air kelapa muda, gula
  • EM4

Jumlah bahan yang dipakai disesuaikan dengan jumlah pupuk yang dibutuhkan. Semakin banyak bahan yang digunakan, semakin banyak kandungan manfaat di dalam pupuk organik cair bokashi.

Anda juga bisa menggunakan bahan alternatif, seperti air tajin, ampas kelapa, sayuran busuk, kotoran hewan ternak, batang pisang, air kencing hewan herbivora, nasi, tepung beras, gandum, bungkil, dan dedak. Semakin banyak bahan yang digunakan, kandungannya semakin banyak juga.

Cara pembuatan:

  1. Cincang halus seluruh bahan yang bisa dicincang halus agar proses pengomposan berjalan lebih cepat. Anda dapat menggunakan blender atau mesin crusher untuk menghaluskan bahan seperti bubur. Pencacahan bahan tidak boleh dilakukan digabung, lakukan satu per satu.
  2. Siapkan wadah lain, lalu campur EM4 sebanyak 200—500 cc dengan larutan gula sebanyak 10 liter. Aduk hingga merata dan biarkan selama 1—2 hari hingga cairan berwarna cokelat kehitaman dan mengeluarkan aroma yang khas.
  3. Campurkan seluruh bahan padat ke dalam karung berpori.
  4. Tambahkan bahan cair, seperti air tajin, madu, susu, air kelapa, dan larutan EM4 ke dalam wadah seperti tong.
  5. Masukkan karung yang sudah diisi oleh bahan padat ke wadah berisi bahan cair hingga seluruh bagian terendam.
  6. Tutup rapat tong dan buatlah lubang kecil untuk memasukkan selang. Bagian ujung selang lainnya dimasukkan ke botol berisi air. Cara ini dilakukan guna menjaga suhu agar tetap stabil.
  7. Diamkan selama satu bulan, kemudian saring cairan yang berada di dalam tong dan kemas di dalam botol, pupuk bokashi cair sudah siap digunakan.
Baca Juga:  Peran Milenial dalam Pertanian Modern dengan Smart Farming

Cara menggunakan:

Pupuk bokashi harus dilarutkan air terlebih dahulu dengan dosis 5—10 cc per liter air. Setelah itu, pupuk sudah bisa disemprotkan ke daun atau digunakan sebagai fungisida ataupun insektisida. Kandungan pupuk dapat lebih bagus apabila pupuk yang sudah dilarutkan didiamkan terlebih dahulu selama 2—3 hari.