Cara Mudah Membuat Pupuk Vermikompos


Pertanianku — Bagi Anda yang bergelut di bidang pertanian mungkin sudah tak asing lagi dengan pupuk vermikompos. Nah, ada cara mudah membuat pupuk vermikompos bagi Anda yang berminat meraciknya sendiri.

pupuk vermikompos
Foto: Google Image

Pupuk vermikompos dibuat dengan bantuan organisme cacing tanah. Jenis pupuk ini dinilai lebih efektif untuk memberikan nutrisi pada tanah karena mengandung berbagai mineral penting seperti nitrogen, magnesium, potassium, fosfor, dan lainnya.

Cara membuat pupuk vermikompos cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Tidak hanya itu, pembuatan pupuk vermikompos yang memanfaaatkan limbah dapur dan rumah tangga tentunya bisa membantu mengatasi masalah sampah lingkungan.

Adapun bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat pupuk vermikompos, yakni wadah yang akan menjadi tempat tinggal cacing atau yang juga dikenal dengan istilah “Worm Bin”. Wadah tersebut bisa dibuat dari bahan karet, kayu, plastik asalkan tidak dari bahan logam. Ban bekas atau kotak kayu juga bisa digunakan sebagai wadah cacing.

Kemudian, sampah organik seperti dedaunan, sisa sayuran, buah, dan sebagainya. Pastikan sampah tersebut hanya berisi sampah sayur dan buah, bukan sampah hewani seperti tulang ikan, tulang ayam, susu, keju, kulit telur, dan lainnya.

Siapkan pula cacing tanah, bisa dari jenis Lumbricus sp dan bisa didapatkan dengan membelinya di toko atau gerai yang menyediakan alat-alat pertanian atau peternakan. Bubur kertas, terbuat dari serpihan kertas yang dicampur dengan air dan membentuk tekstur seperti bubur. Karung goni untuk menutup wadah cacing.

Setelah Anda menyiapkan bahan-bahan tersebut, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat pupuk vermikompos.

  • Wadah yang digunakan untuk meletakkan cacing harus dilubangi terlebih dahulu pada bagian dasar dan sampingnya untuk memastikan cacing mendapat aliran atau sirkulasi udara yang cukup.
  • Letakkan bubur kertas di bagian dasar wadah untuk menjaga kelembapan ruang karena cacing sangat menyukai kondisi lembap.
  • Berikan sampah pada wadah yang telah diberi cacing, tapi jangan terlalu banyak. Beri sedikit terlebih dahulu dan lihatlah hasilnya selama beberapa hari.
  • Setelah itu, lapisi lagi dengan bubur kertas setelah memberikan sampah. Kemudian, tutup wadah dengan karung goni.
  • Setelah 3 hari, buka wadah dan lihat apakah kompos sudah mulai terbentuk dan sampah menghilang? Jika iya, tambahkan kembali sampah dan lakukan proses tersebut berulang-ulang hingga jumlah pupuk yang dihasilkan cukup banyak.
  • Pupuk yang sudah siap digunakan berwarna kehitaman dan tidak berbau. Selanjutnya, Anda bisa mengulangi proses membuat vermikompos.
Baca Juga:  Kulit Telur Ayam Sangat Berguna, Ini Buktinya!

Pupuk vermikompos yang Anda gunakan pada kebun atau lahan pertanian tentunya akan membawa hasil yang lebih baik, meskipun dalam membuat pupuk kompos tersebut memerlukan kesabaran dan waktu yang tidak sedikit.