Cara Mudah Membuat Sumur Resapan

Pertanianku — Sumur resapan sangat berguna untuk mengembalikan keseimbangan air tanah serta meminimalisir berbagai macam bencana yang disebabkan oleh kelebihan air hujan seperti banjir ataupun kekurangan air tanah seperti pada saat musim kemarau. Membuat sumur resapan terbilang cukup mudah dilakukan.

membuat sumur resapan
foto: pixabay

Anda dapat membuat sumur resapan pribadi di pekarangan rumah sehingga Anda dapat mengatur sendiri biaya pembuatan serta pemeliharaan. Letak sumur resapan yang akan dibuat harus memerhatikan kondisi lingkungan sekitar agar berfungsi dengan baik. Hal yang harus diperhatikan sebelum membuat sumur resapan adalah lokasi septic tank, sumur air minum, jalan, rumah, dan jalan umum.

Buatlah sumur serapan dengan jarak dari bangunan 3 m, sumur air minum 10,5 m, pipa air minum 3 m, jalan 1,5 m, pohon besar 3 m, batas kepemilikan 1,5 m, dan aliran air sungai 30 m.

Loading...

Anda juga harus memerhatikan curah hujan, luas lahan rumah, dan kondisi tanah di tempat yang akan dibangun sumur resapan. Pada lahan yang sudah banyak dibangun oleh perumahan, sebaiknya sumur resapan yang dibangun berjumlah lebih banyak ketimbang lahan yang masih lapang.

Selain itu, perhatikan juga jenis tanah lahan yang akan dibangun sumur serapan. Pasalnya, setiap jenis tanah memiliki daya serap air yang berbeda-beda. Seperti pada tanah berpasir akan lebih cepat menyerap air ketimbang tanah liat.

Tanah liat akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyerap air sehingga membutuhkan volume lebih besar ketimbang sumur yang dibuat pada tanah berpasir. Volume ideal untuk membangun sumur resapan di perumahan ialah 1 m × 1 m × 2 m. Untuk tanah dengan permukaan air dalam, tinggi sumur dibuat setinggi 2 m. Sementara, untuk tanah dengan permukaan air dangkal, panjang sumur dibuat sepanjang 2 m.

Baca Juga:  Indonesian Grocery Project, E-Commerce untuk Mendorong Ekspor Pertanian

Jenis sumur resapan yang dibuat sendiri sangat banyak. Anda dapt memilih untuk membuat jenis sumur apa saja, seperti jenis sumur yang dibuat dari tembok atau fiberglass. Saluran air dapat dibuat dari pipa paralon atau PVC ataupun dengan pipa besi sebesar 6 inci. Bahan peresapan dapat menggunakan kerikil yang ditumpuk setebal 2—20 mm atau menggunakan ijuk.

Lubang resapan biopori merupakan salah satu sumur resapan yang sangat mudah untuk dibuat sendiri di rumah.

 

Loading...
Loading...