Cara Mudah Memecah Buah Kakao Saat Panen Cokelat

Pertanianku — Panen buah kakao dilakukan ketika buah sudah cukup masak. Setelah masa panen, buah ini akan dipecah untuk dipisahkan antara kulit dan bijinya. Biji kakao adalah bagian dari kakao yang memiliki nilai jual tinggi. Berikut ini cara mudah memecah buah kakao yang benar saat panen cokelat.

memecah buah kakao
Foto: pixabay

Kelas kematangan buah kakao sendiri terbagi menjadi empat kelas. Jika warna buah kakao kuning tapi hanya berubah pada bagian alur, buah ini masuk kelas kematangan C. Jika warna buah kuning dan terdapat pada alur buah serta punggung buah, diklasifikasikan matang kelas B.

Namun, jika buah kakao sudah berubah warna seluruhnya menjadi kuning, buah masuk kategori kematangan A. Buah yang sudah benar-benar berubah seluruhnya menjadi warna kuning tua berarti sudah masuk kategori A+ dan sudah sangat siap panen.

Loading...

Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang buah kakao dan budidaya cokelat, Anda dapat membacanya dalam buku Budidaya Cokelat yang diterbitkan oleh Penerbit Penebar Swadaya.

Dalam buku tersebut juga dijelaskan salah satu tahapan penting dalam budidaya cokelat adalah pascapanen. Pemecahan buah cokelat menjadi krusial karena dapat memengaruhi kualitas cokelat secara kualitas.

Buah kakao yang dipanen biasanya dikumpulkan pada tempat tertentu. Buah ini kemudian dipisahkan berdasarkan kelas kematangannya agar mempermudah pengolahannya.

Biasanya, pemetikan buah dilakukan hingga tengah hari pukul 12.00. Setelah itu, buah baru akan dipecah pada malam harinya, yaitu pukul 21.00.

Pemecahan kulit kakao ini dilakukan dengan kayu bulat yang keras. Selain itu, memecah kulit kakao juga bisa menggunakan parang tajam agar tidak ada pelukaan pada biji.

Cara memecah biji kakao yang baik adalah dengan memegang buah dengan tangan kiri. Sebaiknya, bagian pangkal buah diletakkan ke bagian dalam. Buah pun dipukul ke arah punggung buah dengan arah miring. Kulit buah akan terbagi dua.

Baca Juga:  Manfaat Bubur California bagi Tanaman Jeruk

Buang kulit buah bagian ujung dengan cara menarik biji dari plasenta atau srontol. Biji tersebut ditempatkan di lembaran plastik atau wadah lain yang sudah disiapkan sebagai wadah biji.

Kulit buah sebaiknya dibenamkan di perkebunan sebagai penambah unsur hara. Selain itu, cara ini juga untuk mengurangi hama penggerek buah cokelat. Kulit buah kakao juga dapat dijadikan pakan ternak.

 

Loading...
Loading...