Cara Mudah Memilih Daging Sapi Segar dan Halal


Pertanianku Memilih daging sapi segar bukanlah perkara yang mudah, apalagi tanpa dibekali pengetahuan terlebih dahulu. Terutama, bagi Anda yang ingin membeli daging sapi yang halal. Selain itu, banyaknya jenis potongan daging sapi juga bisa membuat kita bingung dan kurang teliti ketika membelinya.

Memilih daging sapi segar
Foto: Pixabay

Hal ini malah menyebabkan aneka resep daging sapi yang kita masak menjadi tidak sehat. Untuk mengatasinya, berikut ini tips memilih daging sapi segar dan halal yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan daging berkualitas.

  1. Perhatikan warna daging sapi

Daging yang segar dan berkualitas tentu berbeda dengan daging yang sudah busuk. Cara paling mudah untuk mengetahui kualitas daging ialah dari warnanya. Daging sapi yang masih fresh memiliki warna merah dan segar. Selain itu, warna daging juga tidak pucat dan tidak kotor.

  1. Tekstur daging sapi

Daging sapi yang segar memiliki tekstur yang terasa kenyal. Tekan sedikit daging tersebut, jika kembali ke posisi semula berarti daging itu masih baru dan segar. Hal ini berbeda dengan daging yang busuk, dimana daging tersebut akan terasa lembek ketika ditekan.

  1. Bau atau aroma

Daging yang segar memiliki aroma yang segar pula atau dengan kata lain memiliki bau khas “sapi”. Sementara itu, daging yang busuk akan menimbulkan bau busuk atau asam.

  1. Daging tidak berair

Saat Anda membeli daging, mungkin Anda sering melihat cairan berwarna merah mirip darah. Cairan itu bukanlah darah, melainkan “sari” dari daging tersebut. Cobalah untuk membeli daging yang tidak berair. Ini karena jika berair, daging tersebut sudah berada di udara bebas cukup lama.

  1. Cek sertifikat halal

Supplier atau penjual daging yang halal dan profesional tentu mempunyai izin halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Pastikan Anda membeli daging dari penjual atau supplier daging yang mempunyai izin halal.

Baca Juga:  Hindari 4 Kesalahan Ini Saat Memasak Ayam