Cara Mudah Menanam Bayam dengan Waktu Panen yang Lebih Singkat

Pertanianku — Bayam termasuk sayuran yang cukup mudah untuk ditanam sendiri di pekarangan rumah. Anda bisa menanam bayam langsung di lahan atau menanamnya di dalam pot dan polibag. Pada dasarnya menanam bayam tidak begitu sulit karena tanaman sayur ini juga bisa tumbuh liar. Namun, Anda perlu memerhatikan beberapa hal agar bayam dapat dipanen lebih cepat dari biasanya. Simak ulasannya di bawah ini!

menanam bayam
foto: Pertanianku

Bibit bayam

Agar mendapatkan tanaman bayam yang berkualitas, Anda perlu menggunakan bibit bayam yang berkualitas juga. Oleh karena itu, perhatikan bibit yang Anda gunakan. Pastikan bibit tersebut berasal dari penangkar bibit yang bagus. Saat ini bibit bayam sudah tidak sulit untuk didapatkan, Anda bisa membelinya di toko-toko pertanian terdekat atau melalui marketplace.

Media tanam

Media tanam yang diperlukan untuk menanam bayam di dalam polibag ialah tanah, arang sekam, dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1. Untuk memperkaya kandungan nutrisi media tanam, Anda perlu menambahkan NPK sebanyak satu sendok makan untuk pot besar, atau sekitar ½ sendok makan untuk pot berukuran kecil.

Menanam bayam

Media tanam yang sudah diolah bisa langsung digunakan untuk menanam biji bayam. Gunakan jumlah biji bayam sesuai dengan ukuran luasan pot. Jangan sampai menanam biji terlalu banyak karena akan menyebabkan ukuran tanaman yang tumbuh menjadi kecil-kecil.

Perawatan tanaman bayam

Tanaman bayam hanya perlu disiram sebanyak satu kali sehari. Anda bisa melakukan penyiraman pada pagi atau sore hari. Pada dasarnya perawatan tanaman bayam cukup mudah dilakukan asalkan tanaman tidak terserang oleh hama karena dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa jenis hama bayam yang kemungkinan besar menyerang tanaman.

Baca Juga:  Balitbangtan Membagikan 11 Kunci Budidaya Produksi Jagung Meningkat

Tanaman bayam dapat tumbuh dengan cepat apabila gulma dan rumput yang tumbuh di sekitar tanaman bayam sering dibersihkan. Dengan begitu, bayam sudah bisa dipanen saat masih berumur 20—25 hari setelah tanam. Gulma dan rumput tidak hanya menghambat penyerapan nutrisi tanaman, tetapi juga menjadi tempat berkembang biaknya penyakit yang dapat menyerang tanaman bayam.