Cara Mudah Menanam Belimbing Manis dalam Pot

Pertanianku— Buah belimbing atau star fruits memiliki rasa manis yang segar dan mengandung banyak air ketika sudah masak. Buah belimbing berbentuk indah ketika sudah masak dengan warna kulitnya yang kuning kemerahan dan memiliki bentuk seperti bintang. Oleh karena itu, banyak orang ingin menanam belimbing manis dalam pot untuk dijadikan tanaman hias yang sekaligus menghasilkan buah.

belimbing manis dalam pot
foto: pertanianku

Perawatan belimbing manis dalam pot terbilang mudah. Pohon ini akan berbuah sepanjang tahun. Pohon belimbing manis bisa ditempatkan pada lahan yang terbuka, tetapi masih toleran terhadap naungan pohon lain hingga 45—50 persen. Satu hal yang harus dihindari, yakni tiupan angin yang kencang. Angin kencang dapat menggugurkan bunga yang akan menjadi bakal buah.

Berikut ini cara mudah menanam belimbing manis dalam pot.

Loading...

Media tanam

Media tanam untuk belimbing yang ditanam di dalam pot sebaiknya ringan, porous, gembur, dapat menyimpan air, dan bebas dari bibit hama penyakit. Anda dapat memilih salah satu campuran media tanam, yaitu campuran 1 terdiri atas tanah, pupuk kandang, dan pasir dengan perbandingan 2:1:1. Sementara, campuran 2 terdiri atas tanah, pupuk kandang, dan sekam dengan perbandingan 2:1:1.

Cara menanam

  1. Siapkan bibit yang sehat dan memiliki kualitas yang baik. Bibit belimbing manis yang digunakan adalah hasil okulasi yang berumur enam bulan atau lebih. Tinggi bibit sekitar 60—75 cm dengan diameter batang 1—1,5 cm, batang berbentuk lurus dan tidak bercabang. Warna daun hijau mengilap dan telah membentuk 3—5 flush.
  2. Siapkan pot dari potongan drum bekas dengan diameter 60 cm dan tinggi 40 cm. Bagian dasar pot sudah diberi lubang untuk jalan keluar air yang masuk ke media tanam.
  3. Masukkan pecahan genting atau batu bata di bagian dasar pot setinggi 5 cm.
  4. Masukkan media tanam ke pot hingga setengah bagian pot.
  5. Keluarkan bibit tanaman dari polibag dengan cara menggunting polibag dan melepaskannya secara perlahan, jangan sampai ada akar yang rusak. Usahakan media tanam dalam polibag terbawa bersama akar tanaman.
  6. Tanam bibit tepat di tengah pot dengan posisi tegak.
  7. Tambahkan media tanam untuk mengisi ruang kosong yang berada di dalam pot.
  8. Siram tanaman dengan air hingga media tanam basah.
  9. Tempatkan tanaman pada lokasi yang teduh terlebih dahulu selama 1—2 minggu, lalu tempatkan tanaman di tempat terbuka dengan sinar matahari yang cukup.
Baca Juga:  Pacet, Wilayah yang Berpotensi Sebagai Penghasil Bawang Putih Nasional

Tips

  1. Lakukan pergantian pot dan tambahkan media tanam jika akar tanaman menyembul ke permukaan media tanam, pertumbuhan tanaman kerdil, dan tanaman tidak muncul bunga dan buah.
  2. Agar pohon rajin berbuah, bersihkan batang pohon dari ranting yang tidak produktif dan semprotkan perangsang buah pada batang pohon.
  3. Lakukan proses penanaman bibit di dalam pot pada pagi atau sore hari.

 

 

Loading...
Loading...