Cara Mudah Menanam Microgreens di Dapur Anda


Pertanianku — Sayuran microgreens memang tidak banyak dijual di pasaran. Sayuran ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari ukuran sayuran dewasa. Akan tetapi, Anda bisa menanamnya sendiri untuk bisa mendapatkan sayuran microgreens. Ada cara mudah menanam mcrogreens di dapur Anda.

menanam mcrogreens
Foto: Google Image

Cara mudah menanam microgreens ini dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk bagi orang yang hanya penasaran untuk mencobanya mengonsumsi sayuran microgreens. Berikut ini langkah-langkah mudah dan sederhana menanam microgreens.

  1. Siapkan objek microgreens yang akan ditanam

Microgreens dapat tumbuh dari benih yang sayuran yang baik, maka Anda harus menyiapkan benih yang berkualitas. Benih sayuran dapat dibeli dari toko pertanian terdekat.

  1. Siapkan tempat yang akan menjadi kebun mini microgreens

Tanah yang memiliki kualitas baik adalah salah satu tempat yang bisa dijadikan kebun mini tersebut. Lebih baik tanah itu dipindah dan diletakkan di nampan atau tempat lain agar nantinya kebun mini dapat dipindah-pindah.

  1. Tebarkan benih

Tebarkan benih yang Anda beli ke tanah yang telah dipersiapkan. Penebaran benih ini lebih baik dilakukan secara merata karena tanaman microgreens akan tumbuh dari benih yang ditebarkan tadi.

  1. Siramlah benih

Setelah benih ditebarkan, siram benih tersebut dengan sedikit air. Jika air yang disiramkan terlalu banyak, dikhawatirkan kebun mini akan menjadi becek dan membuat benih sulit berkembang.

  1. Taruh kebun mini di tempat yang terkena matahari

Benih yang telah disiram dengan air yang cukup memerlukan sinar matahari secara tidak langsung. Untuk mendapatkan sinar matahari jenis ini, kebun mini dapat diletakkan di dekat jendela rumah. Tanaman microgreens yang mendapatkan sinar matahari secara langsung dikhawatirkan tidak bisa tumbuh dengan baik.

  1. Rawat kebun mini microgreens Anda
Baca Juga:  Ingin Budidaya Gambas Secara Organik? Begini Caranya

Rawat kebun mini mincrogreens tersebut dengan cara menyiramnya. Terdapat dua hal yang perlu diperhatikan pada penyiraman kebun mini tersebut, yakni disiram setiap hari, dan disiram dengan cara sedikit demi sedikit.

  1. Panen microgreens

Salah satu cara untuk menandai masa panen microgreens di kebun mini ini adalah ketika tanaman microgreens telah tumbuh mencapai tinggi sekitar 2—3 inci atau sekitar 6—8 sentimeter.