Cara Mudah Mencegah Burung Hantu Masuk ke Rumah Walet

Pertanianku Burung hantu merupakan salah satu hama rumah walet dan menjadi momok bagi para peternak burung walet. Burung ini sebenarnya lebih sering masuk ke rumah walet yang terletak di area persawahan dan perkebunan karena terdapat sumber makanan berupa tikus. Rumah walet yang berada di perkotaan sangat jarang dihinggapi burung walet.

burung hantu
foto: pertanianku

Namun, tetap saja kehadiran burung hantu dapat menjadi hama walet yang harus dicegah keberadaannya. Anda bisa mencegah kehadiran burung hantu dengan cara berikut.

Cegah dengan lampu bohlam

Loading...

Pasang lampu bohlam 10 watt sektar 30 cm dari bibir atas pintu. Jika perlu, Anda bisa menambahkan lampu sensor cahaya yang otomatis menyala ketika keadaan sekeliling sudah gelap.

Usir burung yang bertengger

Burung hantu kerap bertengger di pintu masuk rumah walet. Kehadiran burung hantu harus segera diusir agar tidak menakuti burung walet.

Modifikasi lubang sarang

Lakukan modifikasi lubang sarang yang berbentuk persegi panjang menjadi segilima yang memiliki sudut lancip dengan kemiringan 90° di bagian bawah lubang masuk burung. Lalu, pada kedua bagian sisi yang miring diberi lapisan kaca setebal 2—3 mm. Kaca tersebut berfungsi untuk mempersulit burung hantu bertengger karena licin.

Upaya ini terbilang efektif untuk mencegah hadirnya burung hantu. Biaya yang diperlukan pun murah ketimbang harus menggunakan lampu bohlam. Selain itu, Anda tidak harus selalu memerhatikan rumah sarang walet untuk mengusir burung yang mengganggu burung walet.

Memasang rel di pintu walet

Anda bisa memasang rel sepanjang 2 kali ukuran panjang pintu rumah walet. Daun pintu dibuat lebih lebar dari lubang masuk. Pada sisi kanan kiri dipasang tali hingga menjulur ke bawah. Pada pukul 5 sore, sebelum walet keluar gedung, penjaga menarik tali itu ke samping hingga posisi daun pintu bergesr. Alhasil lubang keluar-masuk walet pun terbuka.

Baca Juga:  Cara Pembuatan Benang dari Ulat Sutera

Pada pukul 8 malam, penjaga tinggal menarik tali ke arah berlawanan untuk menutup pintu rumah walet. Daun pintu yang digunakan sebaiknya terbuat dari aluminium agar ringan untuk digunakan. Cara ini aman untuk menghindari hadirnya burung hantu. Namun, menjadi kurang praktis karena penjaga harus berjaga hingga burung walet kembali ke dalam rumah.

 

Loading...
Loading...