Cara Mudah Menduga Umur Bakalan Sapi

Pertanianku — Saat menentukan bakalan yang akan dilakukan penggemukan, faktor umur akan sangat memengaruhi hasil akhir proses penggemukan. Sapi bakalan yang digunakan haruslah memiliki umur yang cukup dan dalam keadaan sehat. Berikut ini ada cara mudah menduga umur bakalan sapi.

cara mudah menduga umur bakalan sapi
Foto: pixabay

Catatan umur diperlukan saat penggemukan sapi. Namun sayangnya, sapi yang diternakkan secara tradisional seringkali tidak memiliki catatan waktu kelahiran. Cara ini bisa diatasi dengan mengamati beberapa organ sapi. Sebab, seperti manusia, organ tubuh pada sapi juga berkembang seiring bertambahnya usia.

Salah satu yang paling mudah adalah dengan melihat kondisi gigi bakalan sapi. Cara lain yang bisa dilakukan dengan penilitikan cincin tanduk. Namun, melihat kondisi gigi lebih sering digunakan karena lebih mudah dan bisa diterapkan pada berbagai tingkatan umur sapi.

Loading...

Sebelum mengetahui umur sapi, Anda perlu mengetahui susunan gigi sapi. Gigi sapi lengkap berjumlah 32 buah. Sebanyak 12 gigi terdapat di rahang bagian atas, sedangkan 20 gigi terdapat di bagian bawah rahang sapi.

Rahang bawah sendiri terdiri atas gigi susu sebanyak 8 buah, gigi geraham berganti sebanyak 6 buah, dan gigi geraham tetap sebanyak 6 buah. Berbeda dengan rahang bagian bawah, rahang atas sapi tidak memiliki gigi susu sama sekali. Di bagian ini, hanya ada 6 buah gigi geraham berganti dan 6 buah gigi geraham tetap.

Pertumbuhan gigi pada sapi pun mengalami beberapa tahap. Tahap pertama adalah fase gigi susu. Fase ini terjadi ketika sapi lahir sampai gigi berganti menjad baru. Fase kedua adalah pergantian gigi, yakni dari awal lahir hingga pergantian gigi. Sementara, fase terakhir adalah fase keausan. Pada fase ini, gigi sapi sudah tidak berganti, tetapi akan mengalami keausan.

Baca Juga:  Cara Mencegah Bibit Penyakit Berkembang di Kandang Ayam

Usia sapi bisa ditentukan dari kondisi dan jumlah gigi sapi. Jika gigi seri susu belum ada yang tanggal sama sekali, diperkirakan usia sapi mencapai 0—1,5 tahun. Sementara, bila gigi seri susu sudah tanggal sebanyak 1 pasang, diperkirakan umur sapi adalah 1,5—2 tahun.

Gigi seri susu sapi yang sudah tanggal sebanyak 2 pasang, menandakan usia sapi berkisar 2,5—3 tahun. Jika gigi ini tanggal sebanyak 3 pasang, umur sapi diperkirakan sudah 3—3,5 tahun. Terakhir, jika sudah ada gigi seri susu yang tanggal hingga 4 pasang, umur sapi sudah mencapai 3,5—4 tahun.

Dengan mengetahui usia bakalan, usaha penggemukan sapi yang Anda lakukan akan lebih tepat. Bakalan yang baik, setidaknya sudah memiliki 1 pasang gigi tanggal. Artinya, usia yang cocok untuk sapi penggemukan berkisar 1,5—2 tahun.

Loading...
Loading...