Cara Mudah Menentukan Umur Kambing

PertaniankuMenentukan umur kambing menjadi salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh peternak guna memantau setiap perkembangan kambing. Hal ini berguna untuk mengetahui kapan kambing siap untuk dijual atau dikawinkan. Pasalnya, kambing tidak bisa dikawinkan jika belum cukup umur karena hasil yang akan didapatkan tidak akan maksimal.

menentukan umur kambing
foto: pertanianku

Kambing sudah bisa dikawinkan setelah memasuki umur 6—8 bulan. Namun, untuk jenis kambing PE, perkawinan pada umur tersebut harus dihindari karena alat reproduksinya masih belum berkembang sempurna. Kambing PE baru bisa dikawinkan setelah berumur 15—18 bulan.

Untuk mencegah perkawinan dini, kambing betina yang sudah berumur lima bulan dipisahkan kandangnya ataupun tempat penggembalaannya. Hal ini menjadi salah satu manfaat dari mengetahui umur kambing, yakni mencegah perkawinan dini.

Peternak biasanya mengidentifikasi umur kambing dari pertumbuhan gigi seri. Gigi seri kambing hanya terletak di rahang bawah sebanyak empat pasang atau delapan buah gigi. Gigi seri tersebut sudah keluar sejak kambing dilahirkan. Ggi seri yang belum berganti disebut sebagai gigi seri susu, sedangkan gigi seri yang sudah tanggal dan tumbuh lagi dinamakan sebagai gigi seri tetap.

Peternak dapat mengetahui umur kambing dari pertumbuhan gigi, kambing yang berumur kurang dari 1 tahun masih memiliki gigi seri yang belum diganti. Setelah berumur 1—1,5 tahun, gigi seri bagian dalam berganti.

Kambing yang sudah berumur 1,5—2 tahun akan mengalami pergantian gigi seri bagian tengah dalam. Setelah berumur 2,5—3 tahun, bagian seri tengah luar akan terganti. Selanjutnya, pada saat berumur 3—4 tahun, gigi seri bagian luar akan berganti. Artinya, seluruh gigi seri kambing yang dibawa sejak lahir sudah berganti menjadi gigi seri tetap.

Baca Juga:  Ciri-ciri DOC Ayam Elba Petelur yang Bagus

Kambing yang sudah berumur lebih dari 4 tahun bisa ditentukan umurnya dari perubahan-perubahan yang terjadi pada gigi geliginya.

Pergantian gigi pada kambing terjadi secara rutin tepat waktu sehingga hal ini bisa digunakan untuk menentukan umur kambing. Gigi seri tetap yang menggantikan gigi seri susu merupakan gigi yang lebih besar, kuat, dan warnanya jauh lebih kuning.

Sementara itu, jika ingin mengetahui umur kambing yang masih dalam hitungan bulan, bisa dilakukan dengan memeriksa pertumbuhan gigi gerahamnya. Anak kambing yang baru lahir sudah memiliki 2—8 buah gigi seri. Setelah berumur 3—6 bulan, gigi geraham akan tumbuh dan akan tumbuh lagi setelah kambing berumur sembilan bulan.

 


loading...