Cara Mudah Mengecek Kondisi Kesehatan Sapi

Pertanianku — Anda sebagai peternak wajib mengontrol secara rutin kondisi kesehatan sapi setiap harinya, terutama saat memberikan pakan dan minum serta memandikan sapi. Pasalnya, kondisi kesehatan sapi bisa tergambar dari tingkah laku dan keadaan fisiknya. Pemantauan secara rutin membantu Anda untuk mendeteksi lebih dini terhadap kejadian-kejadian ganjil pada hewan ternak. Ada 4 cara mudah mengecek kondisi kesehatan sapi, simak ulasan berikut.

kondisi kesehatan sapi
foto: Pertanianku

Mengamati organ sapi

Organ sapi seperti mata, hidung, mulut, saluran kencing, anus, dan kaki harus sering diamati. Kondisi tidak normal yang bisa saja terjadi pada organ sapi adalah mata memerah, mulut mengeluarkan banyak lendir hingga menjuntai ke bawah, hidung mengeluarkan ingus, kelamin sulit mengeluarkan urine hingga bernanah dan berdarah, kotoran yang keluar dari anus tidak normal, serta di kaki terdapat bengkak ada luka.

Tingkah laku sapi

Tingkah laku sapi yang wajib diwaspadai adalah gelisah dan terus bergerak, sapi sering menggosok-gosokkan bagian tubuhnya, sapi terlihat berbaring terus dan tidak mau berdiri, sapi kehilangan nafsu makan secara terus-menerus dan banyak minum, serta sapi terlihat batuk dan napasnya terdengar berat. Jika salah satu tingkah tersebut sudah terlihat pada ternak, Anda wajib waspada karena bisa jadi sapi tersebut sedang mengalami masalah kesehatan.

Menepuk-nepuk tubuh sapi

Mengecek kesehatan sapi juga bisa dilakukan dengan menepuk tubuh sapi di bagian rongga perut. Jika sapi sedang mengalami kelainan, akan terasa ada bunyi atau tekanan yang tidak normal.

Selain menepuk, Anda juga dapat melihat kondisi bentuk perut. Apabila perut bagian kiri terlihat membuncit, dipastikan sapi sedang mengalami kondisi kembung. Kondisi kembung tersebut harus segera ditangani lebih lanjut.

Meraba tubuh sapi

Baca Juga:  Syarat Pakan Bebek yang Baik untuk Kelancaran Usaha Ternak Bebek

Sapi yang sehat akan memiliki permukaan tubuh yang mulus dan kulitnya kencang. Apabila saat diraba kulit terasa kendor, kusam, dan kasar, kemungkinan besar sapi sedang kurang sehat. Saat meraba tubuh sapi, Anda juga bisa merasakan suhu tubuh sapi.

Perabaan berguna untuk mendeteksi luka, benjolan, atau bulu yang lepas dan terkelupas. Selain itu, berfungsi untuk mengatasi penyakit kulit, seperti kudis.

 

 


loading...